Facebook merupakan
platform media sosial yang sangat penting bagi online
publisher. Dalam beberapa kasus, Facebook adalah traffic driver yang cukup
besar, menggerakkan sekitar 20% traffic ke situs berita. Untuk mendukung para
online media publisher, Facebook meluncurkan Tools baru, dibuat dengan
kolaborasi bersama media partner mereka yang menyampaikan request untuk membuat
perubahan di publishing platform mereka.
Apa saja
Toolsnya ? Mari kita simak !
1. Interest Targeting
Publisher
dapat mentarget orang-orang dengan Interest tertentu untuk setiap post. Hampir
semua hal dapat menjadi target Anda, termasuk lokasi, selebriti dan tim
olahraga tertentu. Contohnya Ketika Anda membuat post tentang berita olahraga
Badminton, Anda dapat mentarget post tersebut hanya untuk orang yang menyukai
tentang sport atau Liliyana Natsir misalnya. Yang menjadi target bukan hanya
mereka yang telah melakukan “like” pada page Liliyana Natsir, jika ada user
yang baru-baru ini melihat cerita tentang Liliyana Natsir, user tersebut
mungkin akan menjadi target post juga.
Fitur ini
sangat berguna untuk mengakali edge rank Facebook. Akan diluncurkan secara luas
mulai tahun depan.
2.
Post End Date
Kini Anda bisa
menentukan kapan untuk berhenti menampilkan post di News Feed. Tool ini
berfungsi untuk mencegah post yang telah out-of-date muncul di News Feed, namun
post tersebut tetap tersedia di Page Anda. Jadi dengan tools ini, Publisher
dapat menghapus ramalan cuaca yang telah lewat dari News Feed.
3. Smart
Publishing
Tools
ini akan mengidentifikasi link dari website Anda yang sering di share
oleh pengguna Facebook dan secara otomatis link tersebut akan di publish ke
News Feed orang-orang yang menyukai page Anda. Misalnya, ketika cukup banyak
orang yang memposting link artikel ini “Tools baru dari Facebook yang akan
Memanjakan Online Media Publisher”, maka secara otomatis Facebook akan
membagikan artikel tersebut pada orang-orang yang menyukai page Intermarketindo.blogspot.com.
Namun,
artikel tersebut tidak secara otomatis muncul di page Anda, melainkan post
tersebut akan muncul di dashboard yang dinamakan Domain Insight untuk melihat
analytics, komentar, dan memilih artikel mana yang ingin kita post di page.
Sementara
ini Smart Publishing hanya tersedia untuk beberapa perusahaan media saja, namun
kedepannya Tools ini akan tersedia secara luas.
Sumber: Startupbisnis