Tuesday 10 February 2015

Pitch6 ajak orang Indonesia dapatkan uang tunai dengan kreasi video 6 detik


Banyak orang yang tidak suka melihat gangguan pop-up iklan di berbagai platform. Inilah tantangan yang ingin dipecahkan oleh Pitch6, sebuah platform aplikasi jejaring sosial yang menggunakan video berdurasi 6 detik. Menurut founder Pitch6, Carl Wong, sekilas konsep ini mirip dengan Vine, namun memiliki tujuan berbeda.

Pitch6 bukan hanya sekedar ‘memaksa’ penggunanya membuat dan berbagi video, tapi juga memberikan iming-iming hadiah uang tunai. Startup asal Singapura ini resmi diluncurkan pada Jumat (6/2). Startup ini juga bekerjasama dengan Indosat untuk mempromosikan e-commerce buatan mereka, Cipika melalui Pitch6.

Carl mengatakan bahwa Indosat mengadakan kompetisi untuk Cipika yang berlangsung hingga awal Maret mendatang dengan total hadiah mencapai Rp 50 juta bagi pembuat video selama 6 detik terbaik.

Semakin banyak like dan share, semakin besar hadiah yang didapat


Carl mengungkapkan bahwa ketika pengguna membuat video iklan, share ke media sosial lainnya akan membuat lingkungan di sekitarnya memberikan banyak like. “Penonton bukan menyukai iklan yang dibuat, tapi menyukai orang yang membuat video tersebut,” ungkapnya. Dari banyaknya like dan share tersebut, pengguna akan semakin mudah mendapatkan hadiah uang tunai yang disediakan oleh brand yang mengadakan kompetisi untuk mempromosikan produknya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa di era smartphone seperti sekarang, setiap orang dapat merekam apapun melalui smartphone dan langsung mengirimkannya ke Pitch6. Ketika pengguna telah mendapat banyak like dan share, maka ia juga telah membuka jalan ketenaran di dunia online dan tetap harus berhubungan dengan para penontonnya.
“Iklan crowdsourcing tidak benar-benar baru, namun belum banyak tersedia platform untuk hal tersebut. Hal inilah yang coba diatasi dengan dibuatnya Pitch6,” tutut Carl.

Monetisasi

Sayangnya, Carl enggan memberi detail tentang model bisnis dan jalan monetisasi dari startup miliknya. Ia juga tidak mau membeberkan proyeksi pendapatan Pitch6 dalam tiga hingga 5 tahun mendatang. Ia hanya memberi sedikit petunjuk dari Peter Thiel tentang bisnis ad-tech yang dijalaninya:

Pasar di Indonesia masih sangat potensial, pengeluaran dari iklan digital lebih dari Rp 12 triliun di tahun ini. Sedangkan di 2018 diproyeksikan angkanya akan mencapai Rp 50,6 triliun.

Investor

Untuk urusan ini, Carl mau menyebutkan siapa investor di balik Pitch6. Sejauh ini startup milik Carl memiliki tiga investor, yakni Matthias Yao, mantan wakil ketua Parlemen Singapura; Mohan Mulani, mantan pemilik jaringan restoran dan bar di Singapura Harry’s Group; dan Tan Tee Meng, angel investor yang lebih banyak berkecimpung di dunia 
perumahan mewah di Singapura.

Kompetitor

Selain Vine, terdapat beberapa kompetitor global lainnya, di antaranya adalah Poptent, Zoopa, GeniusRocket, dan Tongal. Namun Carl ingin memfokuskan bisnisnya di Asia Tenggara terlebih dahulu.


Penulis : Elfa Putri
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com