Jalan tercepat
untuk gagal ketika menjalin sebuah hubungan adalah dengan membuat keputusan
yang terlalu cepat dalam menentukan siapa “Yin untuk Yang Anda”. Tentu saja
Anda akan menyukai siapapun “yang mengatakan hal benar”, tetapi sama seperti
setiap hubungan lain Anda pun harus menggali dan menganalisis kompatibilias
saat memilih Co-Founder Anda. Founder dan CEO LaSalle Network Tom Gimble mengemukakan,
setidaknya ada lima hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih Co-Founder.
Apa yang dikemukakan oleh Tom
berawal dari sebuah pertanyaan yang diajukan oleh Dmtri Pisarenko melalui kolom
‘Ask the Expert‘ situs Entrepreneur.
Q: Ketika saya menemukan co-founder yang potensial, apakah ada cara sistematis untuk mengetahui jika kami beredua kompatibel satu sama lainnya sebelum menjadi co-founder sesungguhnya? Dan apa yang harus saya tawarkan kepadanya sebagai imbalan untuk upaya mereka jika saya belum memiliki traksi?
Tom
menjawab, “Pertanyaan pertama yang harus ditanyakan (kepada diri Anda) adalah
kenapa kau ingin orang tersebut menjadi rekanmu. Jangan mengajak seseorang
hanya karena Anda membutuhkan dukungan. Pastikan bahwa mereka memiliki potensi
jangka panjang.”
Lebih jauh Tom menjelaskan
dengan mengasumsikan Anda yang berada di “kursi kemudi” dan memiliki konsepnya,
mintalah rekan potensial Anda untuk mengemukakan visi dan rencananya. Selain
itu pertimbangkan juga lima pertanyaan berikut ini sebagai tambahan.
1. Bagaimana Mereka Melakukan Hal Serupa Dalam
Peran Sebelumnya?
Tak dapat diperdebatkan lagi,
ini adalah “sewa terbesar” Anda untuk membawa perusahaan ke tingkat berikutnya,
jadi jangan cepat-cepat saat mengajak seseorang yang ternyata hanya bicara
banyak dan tak ada tindakan. Akan lebih mudah bagi mereka (co-founder potensial Anda) untuk berasimilasi
dengan permintaan peran jika mereka telah melakukan sesuatu yang serupa
sebelumnya. Mintalah mereka melakukan presentasi yang menggambarkan apa yang
mereka lakukan sebelumnya sehingga mereka paham apa yang Anda inginkan dari
mereka.
2. Apa Jenis Metrik yang Mereka Gunakan untuk
Mengukur Aktivitas?
Dengan
mencari tahu ini, dapat menghasilkan beberapa skenario berbeda. Satu, mereka
mengukur dalam format yang sama seperti perusahaan Anda. Dua, mereka mengukur
dalam format berbeda yang berpotensi merampingkan proses yangsudah ada. Tiga,
mereka tidak memiliki metrik apapun dan ini berarti harus menaikan “bendera
merah”. Atau empat, mereka punya metrik yang salah sehingga perlu diskusi lebih
lanjut sebelum bergabung sebagai rekan.
3. Berapa Jangka Waktu dan Harapan Pertumbuhan
Mereka?
Tanda-tanda
proyeksi pertumbuhan dapat membantu mengukur apakah mereka bermain aman,
meresikokan semua, atau berada di antaranya. Hal ini akan memperingatkan Anda
jika mereka memiliki proyeksi pertumbuhan pendapatan yang tidak realistis tanpa
memberikan sejarah ke perusahaan dan tren industri, menunjukkan tanda kurangnya
perhatian dalam meluangkan waktu untuk menemukan bakat berkualitas, atau
mungkin mereka memproyeksikan hal yang tidak praktis dalam mempekerjakan
karyawan baru.
4. Berapa Banyak Waktu yang Dihabiskan Dengan
Mereka?
Bermitra
adalah hubungan sosial dan bisnis. Anda akan berbagi informasi keuangan
pribadi, jadi Anda perlu untuk menyukai mereka dan mempercayai mereka. Anda
juga perlu memastikan hobi mereka tidak akan mengganggu. Ini kemitraan, jadi
jika mereka akan bermain golf sepanjang musim panas saat Anda sedang bekerja,
itu akan menyebabkan banyak kekacauan.
5. Apakah Anda Menginginkan Mereka untuk Menanam
Modal?
Jika
demikian, Anda harus meminta untuk melihat laporan keuangan pribadi mereka.
Jika tidak, maka secara teknis mereka adalah karyawan Anda dengan asumsi mereka
memiliki ekuitas lebih sedikit jika ada. Jangan percaya perkataan orang yang
Anda tidak tahu bahwa mereka memiliki uang. Tom mengatakan, “Saya percaya
perkataan mitra secara harafiah, Anda harus mengharapkan mereka untuk menjadi
transparan dan komunikatif dengan Anda.”
“Jika Anda
sebenarnya meminta mereka untuk membuat pseudo
business planatau menghabiskan banyak waktu, Anda dapat menawarkan
untuk membayar mereka. Tergantung dengan bisnis dan pengalaman mereka, Anda
mungkin menawarkan $1.000 hingga $2.500. Ini menunjukkan Anda sungguh-sungguh
dan berkomitmen,” tutup Tom.
Penulis : Adjie Priambada (dailysocial)