Friday 13 February 2015

Heboh #kodokijo, Modus Iklan Terselubung?

deviantart.com

Jakarta - Pengamat media sosial Nukman Luthfie menduga tren tantangan Kodok Ijo yang tengah heboh di Twitter dan Blackberry Messenger adalah bentuk promosi produk makanan. "Itu sebenarnya iklan Nutella," kata Nukman kepada Tempo, Sabtu, 13 Desember 2014.

Nukman punya teori tentang dugaannya. Menurut Nukman, ciri iklan dalam pesan berantai #kodokijo cukup jelas, karena hanya Nutella satu-satunya merek dagang yang muncul dalam kalimat tantangan si pengirim pesan. Nama Nutella, merek produk selai kacang, pun akan diingat orang karena di-retweetatau dibahas berkali-kali. "Cara begini lebih efektif dibandingkan promosi di media konvesional atau menggunakan jasa buzzer di Twitter," ujarnya.

Meski begitu, Nukman memuji cara beriklan semacam ini. "Pencipta tantangan atau kisah Kodok Ijo ini cerdas," katanya. Dengan metode penuturan atau story telling, kata dia, biasanya bakal lebih dibicarakan banyak orang sehingga menjadi tren. Sosok Kodok Ijo, Nukman menilai, hanya peran pembantu dari keseluruhan rangkaian promosi. 

Belakangan ini muncul tantangan Kodok Ijo di media sosial. Banyak orang memasang gambar kodok berkacamata hitam di profil Blackberry-nya. Semua berawal dari pesan berantai dan permainan berikut ini: 

Let's play a game. 

Kalo misalnya kamu salah jawab, kamu harus ganti dp kamu sama dp kodok ijo selama 24 jam. Liat gimana serunya pas kamu liat di seluruh contact bbm kamu dp mereka jadi kodok ijo semua. Jadi game-nya adalah. 

Pertanyaan : ada seekor kodok hijau yang masih tidur pas jam 7 pagi, eh ada yang ngetok pintu kamar-nya sebanyak 7 kali. Dan Tadaa! Itu temen si kodok yang mau buatin surprise sarapan pagi berupa beberapa kotak-kotak kado berisi makanan-makanan kesukaan si kodok. tujuannya sih mau makan bareng gitu. Disana ada Nuttela, keju, cokelat, roti dan nasi goreng, susu, dan lalat hidup. Menurut kamu, apa yang harus di buka duluan oleh si kodok? 

Hayoo, ini gampang loh. Tapi masih aja ada yang salah ngejawab. Kalo kamu salah jawab, aku bakal kasih kamu dp kodok ijo dan kamu harus ganti dp dengan itu. mau ikut bermain. Ga ikut main berarti mentalny lemah nih =D.


Sumber: Tempo.co
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com