Friday 27 February 2015

Cara Membuat WordPress untuk Ngeblog dan Bisnis

Cara membuat WordPress untuk ngeblog biasa dan bisnis memang agak berbeda. Kalau kamu ingin tahu cara membuat WordPress untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam ngeblog (menulis pengalaman pribadi, tugas belajar dsb) kamu bisa menggunakan layanan blog gratis berbasis WordPress seperti WordPress.com dan juga blogdetik.com.

Sedang kalau ingin membuat WordPress dengan tujuan bisnis atau di monetize, saya sangat menyarankan untuk membeli domain dan hosting lalu mendownload WordPress dari WordPress.org lalu menginstall WordPress di CPanel hosting kamu.


Kali ini saya akan menyampaikan kedua cara membuat WordPress dengan tujuan masing – masing ini. Terutama untuk membuat WordPress yang gratis sih, soalnya saya belum pernah membahasnya disini sebelumnya.

Cara Membuat WordPress Gratis
Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam membuat blog WordPress gratis adalah dengan mengunjungi WordPress.com lalu memulai membuat wordpress tadi dari sana. Untuk detil langkah membuat sebuah blog WordPress gratis terdiri dari beberapa langkah;


  • Memasukkan data – data
  • Memilih domain dan themes
  • Konfirmasi alamat email, serta
  • Membuat tulisan baru dan menerbitkannya


akan saya sampaikan dalam sebuah video tutorial cara membuat akun WordPress di WordPress.com berikut;


Cukup jelas ya video tutorial di atas, kalau kamu masih ada yang kurang jelas, silahkan disampaikan pada kolom komentar nanti.

Cara Membuat WordPress untuk bisnis/monetize

Untuk membuat sebuah blog yang akan kita gunakan untuk tujuan bisnis, memiliki blog tersebut secara utuh bebas dari interferensi pihak lain adalah sebuah kewajiban. Jangan sampai nantinya kita sudah berjalan dengan mapan tapi ditengah jalan akun kita di ban oleh penyedia layanan gratis website/blog kita. Blogger, WordPress.com, Tumblr, atau berbagai layanan gratis lainnya memiliki resiko seperti ini.

Lalu solusinya adalah dengan membeli domain dan hosting sendiri saja. WPKamt.com menggnakan jasa Dewaweb untuk hosting dan domainnya, kamu juga bisa mencobanya dengan klik dari sini lalu memesan domain dan hosting baru.


Langkah selanjutnya setelah memiliki domain dan hosting baru tentu saja install WordPress di CPanel kita, bisa dengan Fantastico atau juga Softtaculous. Baca artikel ini untuk melihat panduannya. Kalau mau melihat video tutorialnya juga bisa dari video ini;



Website untuk monetize lebih powerful

Salah satu alasan lain selain agar kita berkuasa penuh atas website kita, dengan mengikuti tutorial cara membuat WordPress ini kamu juga tahu kalau WordPress yang diinstall di web hosting kamu ini lebih fleksibel daripada yang di WordPress.com.
Dua hal yang paling menonjol adalah kamu bisa install themes dan plugin yang tidak ada di WordPress.com. Kamu bisa mencari themes yang paling menarik buat blog kamu, menambahkan plugin untuk meningkatkan SEO blog kamu. Hingga bebas memasang iklan apapun dari mana pun dengan script iklan model seperti apa saja.
Bahkan mengubah blog kamu menjadi online shop sekalipun merupakan hal yang biasa dilakukan pengguna WordPress.

Cara Membuat WordPress – Penutup

Yup, saya rasa tulisan ini bisa membantu kamu paham dengan lebih jelas bagaimana WordPress free jika dibandingkan dengan yang membayar domain dan hostingnya sendiri. Beberapa tutorial tentang WordPress self hosted juga banyak saya tautkan dalam artikel ini untuk memudahkan kamu belajar dari awal.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com