Mendapatkan pelanggan adalah salah satu hal yang perlu dilakukan
agar bisnis tetap berjalan lancar. Hal inilah yang mendorong pebisnis
memikirkan berbagai strategi penjualan paling efektif, termasuk melalui website.
Memasarkan produk dan jasa secara online menjadi salah satu
strategi yang cukup banyak digunakan di masa kini. Tingginya angka pengguna
internet serta kemudahan proses membuatnya menjadi primadona bagi banyak orang.
Memutuskan melakukan pemasaran bisnis melalui website tidak
boleh sembarangan dilakukan sebab ternyata butuh teknik khusus untuk
melakukannya. Jika penasaran dengan strategi pemasaran melalui website, simak
paparan singkat berikut:
1. Mengetahui Tujuan Anda
Pemasaran bisnis melalui sebuah website dapat dibedakan menjadi
beberapa macam berdasarkan tujuannya, antara lain:
1.
Brand awareness – Strategi pemasaran secara
online dapat menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan perusahaan di mata
masyarakat. Anda bisa menyediakan infomasi mengenai perusahaan lengkap dengan
segala kapasitas dan pencapaian terbaik. Sedikit demi sedikit, badan usaha Anda
akan dikenal masyarakat dan mendapat reputasi baik jika menunjukkan kinerja
mumpuni.
2.
Berinteraksi dengan konsumen – Jika situs telah memiliki
pengunjung tetap, maka besar kemungkinan Anda dapat membentuk basis konsumen
aktif tersendiri. Jika mereka puas dengan servis dari Anda, maka konsumen ini
akan dengan senang hati membagikannya pada teman maupun koleganya.
3.
Sarana berbagi informasi – Anda dapat menggunakan laman
yang telah dibuat untuk berbagi informasi mengenai barang atau jasa yang
ditawarkan. Hal ini penting dilakukan agar pelanggan memiliki gambaran umum
tentang produk yang dibutuhkan.
2.
Meningkatkan Kualitas Konten Website
Mesin pencari masa kini
telah menggunakan sistem semantic search yang lebih baik dibandingkan cara lama
karena semua hal kini hanya ditentukan oleh input kata kunci (keywords). Mesin
pencari seperti Google misalnya, mencoba membuat pencarian lebih berorientasi
pada konsumen dengan menampilkan hasil pencarian berdasarkan keinginan
pengguna.
Jika Anda menggunakan #Google, maka hasil
pencarian yang ditampilkan bukan berdasarkan situs yang mengandung kata kunci
tertentu, melainkan laman yang paling relevan menjawab pertanyaan Anda. Mesin
pencari Google juga dirancang untuk lebih memprioritaskan artikel maupun
posting dengan jumlah kata lebih banyak serta lebih detail.
Melihat kenyataan ini, hal pertama yang harus dilakukan untuk
melakukan pemasaran melalui website adalah dengan meningkatkan kualitas konten.
Anda tidak perlu terlalu banyak mengulang kata kunci ketika menulis, tapi
fokuslah pada kualitas tulisan dan informasi yang diperlukan calon konsumen.
3. Buatlah Buyer Persona
Persona sendiri diartikan sebagai cara bertindak, apa yang
dipercayai, apa yang dikatakan, apa yang disukai dan tidak, serta bagaimana
menanggapi suatu hal. Dalam kaitannya dengan strategi penjualan, hal ini dapat
diartikan sebagai langkah membuat estimasi tersebut untuk mendapatkan gambaran
umum kebutuhan pelanggan dan bagaimana produk/jasa yang ditawarkan membantu
memenuhinya.
Sebuah gambaran komplit akan membantu Anda mengidentifikasi
konten paling tepat untuk dipublikasikan dalam laman tersebut. Jika hal ini
telah dilakukan, Anda dijamin lebih mudah menarik konsumen karena yang datang
dan tertarik adalah orang-orang yang merasa benar-benar butuh dengan penawaran
tersebut.
4.
Rajin Publikasi
Sebenarnya tidak ada aturan pasti tentang frekuensi
mempublikasikan posting dalam satu situs, namun beberapa pebisnis menyatakan
bahwa 2-3 kali seminggu sudah cukup. Kuncinya adalah konsistensi, oleh karena
itu cobalah untuk mempublikasikan posting dengan jumlah sama setiap minggu agar
pengunjung situs dapat membaca pola posting yang digunakan. Selain itu,
pastikan bahwa segala hal yang Anda publikasikan berkualitas baik.
5. Ukurlah Pencapaian Anda
Jangan terburu-buru berhenti jika telah mempublikasikan konten
sebab Anda harus tetap melakukan pengamatan. Pastikan Anda mengetahui apa yang
terjadi dengan postingan tersebut, seperti apakah dibaca, apakah dibagikan,
atau apakah dijadikan bahan diskusi.
Anda dapat memastikan trafik situs dengan menggunakan berbagai
program yang tersedia dipasaran, salah satunya adalah RivallQ yang memiliki
fitur unik untuk mengukur pencapaian posting sekaligus mengestimasi kedudukan
situs dibandingkan web pesaing.
Strategi pemasaran
bisnis melalui sebuah website dapat menjadi media untuk mendapatkan konsumen
sekaligus meningkatkan keuntungan. Anda hanya perlu mengaplikasikan seluruh
langkah diatas untuk dapat membangun laman yang baik. Anda yang masih bingung
dengan langkah diatas juga dapat membayar jasa seorang pakar SEO yang telah
lama dikenal sebagai individu yang mampu mendongkrak reputasi halaman website
Anda. Selamat mencoba.