Indonesia merupakan negara yang sangat potensial sebagai lahan
tumbuhnya E-Commerce. Dengan populasi sebesar 253 juta penduduk, Indonesia
menduduki posisi ke – 4 sebagai negara yang memiliki populasi terbesar di
dunia. Dalam hal jumlah pengguna Internet, Indonesia menduduki posisi ke – 6
dengan jumlah pengguna internet sebanyak 83 juta. Menariknya, market
Indonesia sekarang di dominasi oleh kalangan Youth, yaitu mereka yang umurnya
dibawah 35 tahun.
Bagaimana perilaku mereka ? Apa saja halmenarik tentang pasar e-commerce Indonesia ? Mari kita simak !
1.
Angka penetrasi Mobile Subscription yang Fantastis
Penetrasi pengguna layanan mobile mencapai 112%, yaitu jumlahnya
melebihi jumlah penduduk Indonesia. Bagaimana bisa ? Mungkin Anda sudah tahu
jawabannya : Masyarakat Indonesia mempunyai perilaku yang unik dalam
menggunakan gadget. Mempunyai 2-3 gadget adalah hal yang biasa kita lihat di
Indonesia. Maka tidak heran, jika jumlah pengguna layanan mobile di Indonesia
bisa melebihi jumlah penduduknya, bahkan mungkin kedepannya penetrasinya bisa
mencapai 200% atau 300%.
2.
Konsumen Indonesia mulai banyak berbelanja online menggunakan Smartphone
Dari seluruh pengguna Smartphone, sebanyak 95% menggunakan
handphone-nya untuk meriset produk/jasa dan sebanyak 57% menggunakan
handphone-nya untuk berbelanja. Ini merupakan informasi penting bagi Anda yang
memiliki bisnis online untuk mulai mengoptimasi tampilan website Anda bagi
perangkat mobile.
3.
Smartphone dan Tablet adalah perangkat yang paling sering diakses
Masyarakat Indonesia paling banyak mengakses internet di rumah
dan bahkan di rumah pun perangkat yang paling sering dipakai untuk mengakses
internet adalah gadget mereka : Smartphone & Tablet.
4.
Smartphone sangat melekat dengan mereka
Bahkan ada sekitar 29% yang menggunakan smartphone ketika
menonton acara Televisi. Smartphone paling banyak digunakan ketika
tidur-tiduran di kasur dan cukup banyak juga yang menggunakannya ketika
menunggu sesuatu.