Jika anda baru mengenal SEO, ada 10 istiliah di SEO yang perlu
anda ketahui. Pelajari dan tingkatkan pengetahuan anda tentang SEO dengan 10
istilah penting berikut ini
Anchor text – Anchor
text adalah istilah
di SEO untuk teks hyperlink, artinya
suatu teks yang terhubung dengan link. Anchor
text termasuk istilah
yang sering didengar di SEO karena anchor text digunakan sebagai keyword,
dan ini bisa meningkatkan ranking. Meskipun diperbolehkan untuk mengoptimasi anchor
text secara internal
(selama kontennya masih berhubungan dan tidak berlebihan), tetapi sangat tidak
disarankan untuk mengoptimasi anchor text di artikel ataupun press release yang ditujukan untuk khalayak ramai
karena ini bisa berpotensi menjadi skema link. Cara terbaik
untuk memanfaatkan hal ini adalah dengan tetap menjaga anchor
textsealami mungkin di dalam artikel ataupun press
release.
Title tag – Sebuah title tag (judul) atau halaman judul dengan
bentuk tag di html seperti ini: <titile>. Title tag menunjukkan judul suatu halaman dan
juga bisa dilihat di tab pada browseranda
atau bahasa sederhananya adalah headline di hasil pencarian. Title tag bisa membantusearch engine (mesin
pencari) dan pengguna internet untuk mencari tahu penjelasan tentang suatu
halaman. Cara terbaik untuk menciptkan title tag yang bagus adalah dengan
menciptakan title tag yang unik dan judul yang berhubungan dengan setiap
halaman di website anda.
Meta description – Meta description termasuk bagian dari html, tetapi
tujuannya adalah untuk menggambarkan/menjelaskan suatu halaman. Meta description tidak berefek pada ranking disearch engine, tetapi ini bisa membantu anda untuk meningkatkan
tingkat klik ke website anda karena meta description bisa muncul di hasil pencarian. Sama seperti title tag, anda harus membuat meta description yang unik, berhubungan dengan penjelasan di
halaman anda dan pastikan anda memasukkan semua call to action (tombol klik) di dalamnya.
301 redirect – Ketika anda
menghapus halaman atau mengubah URL, mereka tidak hanya menghilang dari dunia
digital. Jadi ketika user mencari suatu URL yang sudah tidak ada
lagi, mereka akan menerima hasil 404
error, atau halaman “Not Found”. Untuk menghindari kebingungan dan untuk
memberikan ranking dari halaman yang hilang tersebut, cara terbaiknya adalah
dengan menggunakan 301
redirect. 301 redirect akan kembali mengarahkan user dansearch engine dari URL yang lama ke halaman yang
aktif saat ini.
SERP – SERP adalah
singkatan dari Search Engine
Results Page. SERP adalah sesuatu yang anda dapat ketika mengetik suatu
pertanyaan atau kata-kata di search
engine. Pada dasarnya, ini adalah halaman hasil ketika anda mencari di search engine. SERP adalah
istilah di SEO yang akan sering anda dengar ke depannya.
Keyword – Keyword (kata kunci) adalah istilah yang
banyak digunakan di SEO. Sebuah keywordatau
frase keyword adalah sebuah kata atau sekelompok
kata yang mecontohkan suatu brand,
baik itu layanannya maupun produknya. Keyword itu penting karena mereka bisa
membantuuser dan search engine untuk mencari tahu suatu
penjelasan/gambaran di halaman website dengan lebih baik. Dengan menggunakan keyword yang berhubungan di title tag, headline dan seluruh isi konten anda bisa
membantu search engine untuk mendapatkan gambaran dari
halaman website anda. Anda harus berhati-hati dalam menggunakan keyword, jangan berlebihan
karena itu bisa merusak ranking website anda.
Indexing – Indexing adalah proses search engine untuk mengumpulkan dan menyimpan data
di seluruh web. Search engine secara terus-menerus akan menjelajahi
web untuk menambahkan halaman terbaru ke database informasinya yang sangat besar. Ketika search engine menemukan halaman baru, mereka
mengindeksnya, artinya mereka menambahkan salinannya ke databasemereka, agar mereka
bisa mengambilnya kembali selama pencarian.
Link – Ada dua jenis link yang akan anda dengar dalam
pembicaraan tentang SEO. Internal dan eksternal. Link internal adalah link yang muncul antara halaman-halaman di
dalam website anda. Untuk contohnya, semua link di navigasi website anda adalah link internal. Sedangkanlink eksternal adalah link yang datang atau pergi dari website
anda, baik dari seseorang yang mempunyai link ke website anda atau anda mempunyai link ke website orang lain.
Struktur kedua link ini penting, namun link yang datang ke website anda lebih
dianggap sebagai sinyal authority, artinya link tersebut bisa meningkatkan ranking
halaman website anda. Cara terbaik untuk memanfaakan link adalah dengan menyusun dan memudahkan
struktur dari linkinternal, agar user dan search
engine bisa dengan
mudah menemukan halaman anda. Singkatnya adalah anda harus membuat setiap
halaman dari website anda bisa diakses oleh userhanya
dengan dua kali klik dari homepage. Untuk link eksternal, alangkah lebih baik untuk
menciptakan konten yang bagus agar user mau menghubungkannya dengan website
mereka.
Rel=”author” – Google
Authorship, atau juga dikenal sebagai rel=”author” adalah sebuah tagyang
digunakan untuk menghubungkan penulis dengan profil Google+ mereka. Ini
bisa membantu untuk meletakkan wajah dibalik brand anda, bisa membantu meningkatkan
tingkat klik di search engine,
mempromosikan opini dan bisa dianggap sebagai sinyal ranking bagi Google.
Rel=”author” adalah tool hebat untuk segala macam penulis yang
menciptakan konten secara online dan juga mempunyai banyak manfaat.
Canonical URL – Canonical
URL digunakan dalam
kasus dimana ada konten yang duplikat. Anggap saja anda menjual sebuah produk
yang mempunyai beberapa warna yang berbeda, dan anda memiliki halaman untuk
setiap warna tersebut. Search engine tidak akan yakin yang mana yang harus
diindeks karena mereka semua sama, jadi dengan menggunakan canonical
link anda bisa
menentukan halaman mana yang seharusnya didahulukan dalam search
engine. Meskipun ini tidak bisa menjadi jaminan, tetapi ini adalah
cara terbaik untuk dilakukan ketika anda memiliki banyak halaman dengan konten
yang sangat mirip.