Dalam Perkembangan teknologi saat
ini, internet tidak hanya digunakan sebagai media peningkatan wawasan, namun
kita pun banyak dipermudah dalam hal berbelanja secara online. Tidak perlu lagi
berkunjung ke super market yang jaraknya begitu jauh.
Melihat fenomena ini, muncul banyak
ide untuk memanfaatkan media internet untuk menambah pendapatan. Banyak orang
yang mulai membuat bisnis online dan menjual produk-produknya secara online.
Tapi untuk memperoleh tingkat
penjualan yang baik, perlu adanya pengelolaan Bisnis Online secara Cerdas
dengan Nilai Etika yang cukup. Cerdas ? ya, Jika bisa
memasarkan produk dengan modal yang sedikit, kenapa tidak dilakukan? Bahkan
kini memasarkan produk secara gratis juga sudah sangat memungkinkan, yaitu
dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana sosialisasi dan promosi produk
Anda. Beretika ? Haruslah bijaksana dan penuh etika
dalam penyajiannya. Hal ini sangat penting dilakukan ntuk menumbuhkan
ketertarikan dan rasa kepercayaan calon pelanggan sehingga Pencitraan terhadap
Produk Anda semakin tinggi.
Lain ladang lain belalang, begitulah
ungkapan untuk masing-masing Social Media terutama dalam hal pengelolaannya.
Namun banyak pula kesamaan yang bisa dilakukan dalam mengatur portofolio akun
Social Media kita.
Facebook
Hampir semua orang yang sdh
memanfaatkan internet pasti mempunyai akun yang satu ini. Itu sebabnya situs
ini sampai sekarang masih menjadi primadona untuk menjadi media jejaring
sosial.
Untuk memulai kegiatan promosi atau
kampanye merk anda di facebook cobalah beberapa tip berikut.
1.
Buatlah akun dengan susunan nama Anda kemudian diikuti nama
Bisnis. Ini dimaksudkan agar teman anda mengetahui bahwa Bisnis ini adalah
milik Anda dan kalaupun ada orang yang belum mengetahui nama dan bisnis yang
anda kelola, orang tersebut percaya bahwa nama pemilik tercantum disana.
2.
Masukan foto profil Bisnis dengan tampilan foto anda kecil
disekitar foto profil tersebut. Atau buatkan album di akun tsb yang merupakan
foto2 dan aktifitas terutama yg berhubungan dgn Bisnis anda, misal foto2 anda
dengan karyawan anda.
3.
Buatlah informasi yang jelas dan masih tersedia sampai saat ini,
misal : nama website, alamat email dan nomor telepon yang masih berlaku. Ini
sangat penting untuk memberi kesan baik terhadap keseriusan anda dalam
mengelola bisnis.
4.
Jangan pernah melakukan Tag foto tanpa diminta, hal ini akan
membuat rasa tidak nyaman teman Anda, bahkan pencitraan Bisnis akan semakin
buruk, karena terkesan terlalu mengobral produk.
5.
Konten akan menjadi faktor utama ketertarikan calon konsumen
anda. Jadi buatlah konten yang bermanfaat berupa tips, pengalaman dengan sebuah
produk, tutorial, berita dan hal2 lainnya yang berhubungan bisnis anda. Jangan
terlalu banyak membuat posting produk, karena hal ini akan membuat jenuh.
6.
Sesekali ungkapkan rasa terima kasih terhadap pelangggan2 anda
yang loyal saat setelah bertransaksi.
Twitter
Sebuah pepatah dari para leluhur
terdahulu yang mengajarkan kearifan yaitu “ Mulutmu Harimaumu “ masih melekat
begitu erat di era teknologi informasi sekarang ini.
Begitu dahsyatnya promosi tradisional “dari mulut ke mulut” itu berdampak pada penjualan sebuah produk sudah cukup menjelaskan kenapa cara promosi tersebut masih ada hingga sekarang. sebut saja Twitter, begitu banyak kebahagiaan yang berasal dari sebuah perkataan dan ada juga tragedi yang disebabkan komentar yang sederhana.
Inilah yang menjadi salah satu
kekuatan Twitter dalam perannya sebagai etalase gossip di dunia maya. Pernahkah
anda berpikir untuk berinvestasi melalui gossip?
Ada sedikit tips untuk Anda untuk meledakan penjualan Anda dengan memanfaatkan Twitter sebagai media sosialisasi produk Anda.
1.
Daftarkan nama akun dengan nama Anda pribadi sebagai username
kemudian berilah nama twitter dengan produk penawaran Anda (nama ini bisa
diganti di kemudian hari).
2.
Buatlah Photo Profile yang ada hubungannya dengan produk Anda.
3.
Buatlah penyusunan kata yang efektif dengan singkatan kata yang
sudah sering dipakai, karena postingan dibatasi 140 karakter.
4.
Buatlah postingan yang bersambung apabila konten dari postingan
lebih dari 140 karakter. Hal ini dapat membuat follower anda tetap menunggu
postingan anda selanjutnya, selama konten yang anda kirimkan bermanfaat untuk
mereka.
5.
Untuk menambah jumlah Follower, coba kunjungi beberapa akun
orang populer yang kira2 followernya merupakan segment produk Anda, kemudian
follow masing masing dari follower tersebut, tunggu beberapa hari, kemungkinan
orang tersebut akan melakukan followback Anda.
6.
Kekuatan Twitter dalam penyampaian pesan akan lebih besar lagi
saat dikombinasi dengan Blog yang ada kaitannya dengan produk Anda. Misal
Produk Anda Toko Online Pakaian Anak, maka buatlah blog dengan
thema Parenting dengan mengarah segment orangtua. Buatlah
beberapa tips yang bersambung dan dihubungkan dengan Blog Anda. Jangan lupa
gunakan shortener untuk mempersingkat nama web.
7.
Sesering mungkin melakukan interaksi dua arah dengan follower
Anda sehingga mereka merasa diperhatikan. Hal ini untuk memupuk kesetiaan
follower Anda bahkan mereka dengan sukarela mereferensikan kepada para follower
mereka.
8.
Sesekali melakukan Retweet konten twitter yang dianggap bagus
dan inspiratif dari beberapa publik figur, sehingga dapat menggambarkan
kualitas akun twitter Anda.
Jangan mengobral Lapak dagangan Anda terus menerus, cobalah berikan sesuatu yang menarik dan bermanfaat agar Follower atau teman anda tidak merasa bosan.
Untuk membangun
pencitraan Produk Anda, jangan melakukan posting atau status pada FB maupun
Twitter yang berisikan keluh kesah yang berlebihan, menghujat, beropini negatif
terhadap kondisi saat ini (sosial politik), opini SARA, bergunjing yang tidak
ada manfaatnya. Semua hal negatif ini akan meruntuhkan pencitraan Produk maupun
Personal Anda .
Blog
Sampai saat ini Blog masih menjadi
alat yang handal untuk membangun sebuah Branding baik itu produk maupun secara
individual. Hal ini didukung dengan fasilitas Blog yang memberikan unlimited
space untuk berekspresi dalam mengungkapkan opini secara panjang lebar dan
detail.
Tips memanfaatkan Blog sebagai
penunjang penjualan Anda :
1.
Buatlah akun gratis Blog di Blogspot.com atau WordPress.com
2.
Untuk lebih terlihat terpercaya, pakailah domain dan hosting
berbayar, kemudian install dengan platform blog WordPress.
3.
Buatlah beberapa artikel menarik yang berhubungan dengan segment
produk anda. Artikel ini dapat berupa tips, pengalaman dalam pemakaian sebuah
produk, opini pada masalah tertentu yang sedang trend saat ini, dan banyak
lagi.
4.
Untuk menambah trafik Blog, buatlah tautan link artikel Blog
tersebut di akun FB dan Twitter Anda. Hal ini akan menambah trafik di Blog dan
menambah jumlah teman dan follower di FB dan Twitter selama konten yang Anda
sajikan bermanfaat dan unik.
5.
Tampilkan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, dan batasi
jumlah kata tidak lebih dari 400 kata.
6.
Buatlah sistem member pada Blog Anda, kemudian sesekali berikan
bonus berupa e-book atau coupon discount produk Anda apabila member pembaca
Anda memberikan komentar, karena dengan komentar maka Blog akan terasa hidup.
Untuk memberikan kekuatan penuh saat Anda melakukan optimasi Blog, sebaiknya digunakan juga Twitter atau Facebook untuk menambah traffic Blog. Dengan cara ini pula popularitas akun Facebook dan Twitter Anda akan terbangun, bila Blog Anda sesuai dengan kebutuhan Teman dan Follower Anda .
Youtube
Banyak orang yang suka dengan
membaca, namun tak jarang orang yang sangat mengandalkan audio visual untuk
dapat menyukai dan menumbuhkan ketertarikan tertentu. Oleh sebab itu Youtube
mengusung niatnya untuk menitik beratkan entertainment pada para penikmat audio
visual alias video.
Tips tepat memanfaatkan Youtube
sebagai channel Pemasaran Anda :
1.
Buatlah sebuah penjelasan rinci tentang produk Anda di Youtube
dengan pembicara Anda sendiri selaku Owner.
2.
Buatlah foto slide tentang produk Anda yang sederhana untuk
menambah ketertarikan calon pelanggan Anda.
3.
Mintalah pelanggan loyal Anda untuk memberikan testimonial
tentang produk Anda dengan format yang sangat sederhana sehingga tidak
menyulitkan pelangan Anda saat mengambil video, misal menggunakan kamera dari laptop.
4.
Apabila perlu, cobalah menyewa profesional video untuk membuat
video interaktif khusus produk Anda.
Linked in
Situs jejaring sosial ini sangat
cocok untuk membangun Personal Branding dimana membernya adalah para
proffesional yang sengaja memperlihatkan profile mereka sehingga dapat dilihat
orang banyak yang biasanya dilakukan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan
profesi mereka.
Buatlah akun Linked in sebagai sarana
memperkenalkan diri Anda selaku Owner Bisnis Anda sendiri dengan penjabaran Profil, Latar
Belakang Pendidikan, Pekerjaan sekarang, Portfolio dan Target Anda.
Hal ini penting untuk memupuk kepercayaan calon Pelanggan Anda terutama apabila
Bisnis yang Anda tawarkan adalah Jasa.
Apabila Anda pernah menjalin kerjasama dengan teman, cobalah minta kepada teman anda tersebut untuk melakukan endorsement tentang diri Anda secara jujur dan tidak berlebihan. Hal ini akan membangun kepercayaan calon pelanggan sebelum menyewa Anda sebagai tenaga profesional mereka.
Apabila Anda pernah menjalin kerjasama dengan teman, cobalah minta kepada teman anda tersebut untuk melakukan endorsement tentang diri Anda secara jujur dan tidak berlebihan. Hal ini akan membangun kepercayaan calon pelanggan sebelum menyewa Anda sebagai tenaga profesional mereka.
Gunakan sarana Social Media secara Cerdas, Kreatif dan Bijaksana, karena Social Media menjadi alat penghubung yang ampuh untuk membangun sebuah pencitraan. Namun akan menjadi sebuah petaka saat kita menggunakannya tanpa Etika yang baik.
SELAMAT
MENCOBA.