Mencari ide
bisnis online atau startup ? terutama startup mobile ? Mobile Tectonics akan membantu Anda
untuk menemukan ide startup yang mungkin akan menjadi the next
billion-dollar company !
Mengapa
? Sequoia Capital, salah satu investor
Tokopedia yang menanamkan total investasi 1,2 Triliun bersama SoftBank, menggunakan Mobile
Tectonics untuk melihat next startup yang akan ‘change the game’.
Apa itu Mobile Tectonics ?
Adalah
sebuah struktur ekosistem startup yang ada di industry saat ini, terdiri dari 3
layer: Foundational (layer paling bawah), Horizontal (layer kedua), dan
Vertical (layer teratas). Anda dapat melihat strukturnya pada gambar di atas.
Foundational
layer adalah perusahaan teknologi, umumnya perusahaan skala
besar, yang memprodukis OS, hardware, jaringan operator, dan distribution, dan
mereka berperan sebagai pondasi untuk para developer menciptakan horizontal dan
vertical apps di atasnya.
Horizontal
layer adalah bagian yang berperan untuk memberikan support pada
setiap individual vertical apps, sehingga model bisnisnya adalah B2B pada layer
ini.
Vertical
layer adalah layer yang mempunyai peran di bidangnya
masing-masing untuk memenuhi kebutuhan para target konsumen. Mereka adalah
layer teratas yang langsung terhubung dengan konsumen individual, atau disebut
B2C.
Beberapa
perusahaan dapat berada di 2-3 layer sekaligus, salah satunya adalah Apple yang
berada di ketiga layer tersebut.
Bagaimana penjelasan Timothy Lee (Early Stage Investor Sequoia
Capital) tentang Mobile Tectonics ?
Timothy
Lee, salah satu early stage investor di Sequoia Capital, menjelaskan
bahwa mereka menggunakan Mobile Tectonics untuk menemukan dimana ‘the next
billion-dollar opportunity’ mungkin akan muncul. Mobile
Tectonics telah banyak membantu Sequoia untuk menemukan portofilio yang bagus,
khususnya di bidang mobile. Beberapa portofolio mereka yang berkembang dengan
baik misalnya AdMob, Chartboost, DropBox, WhatsApp, dan Square.
Lee
mengatakan bahwa menurut estimasinya, tidak ada apps yang berdiri sendiri yang
akan melebihi $100 juta dalam waktu dekat ini. Lee mencontohkan Evernote,
daripada hanya menggunakan strategi Vertical sebagai app untuk mencatat,
Evernote menciptakan “Evernote App Center” yang memungkinkan apps
lain untuk berdiri di atasnya. Artinya, disini Evernote telah membuat Horizontal
platform untuk membuatnya lebih besar dan merupakan kombinasi yang baik untuk
Vertical apps-nya.
Facebook
juga merupakan hal yang menarik untuk diceritakan. Lee mengatakan bahwa
beberapa tahun lalu Facebook terlihat seperti ‘pure vertical’. Namun selanjutnya,
Mark Zuckerberg menambahkan Horizontal Layer, yaitu Mobile App Install Ads,
Facebook Connects, dan produk lainnya.