Tuesday, 13 January 2015

Belajar SEO: 3 Faktor Mendasar Untuk Meningkatkan Posisi Ranking di Search Engine

Jangan pernah remehkan kekuatan title, link atau konten untuk meningkatkan posisi ranking di hasil pencarian. Dan yang lebih penting lagi, jumlah dan rasio mereka bisa berdampak besar pada algoritma pencarian.

Bagi anda yang belum paham dengan aspek fundamental dalam pembangunan on page dan off page SEO, beberapa elemen berikut ini memiliki pengaruh yang mendalam pada bagaimanasearch engine melihat halaman website anda. Pada dasarnya, situs memiliki tiga elemen kompetitif yang sangat diperlukan yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan posisi relatif dari halaman anda. Ketiga elemen itu adalah allintext, allinanchor, dan allintitle rasio. Jika anda bisa memanfaatkan elemen ini dengan baik, maka anda bisa menaikkan relevansi/hubungan situs anda di search engine.
Jika anda bisa memanfaatkannya dengan maksimal, anda bisa mendapatkan posisi dengan ranking yang tinggi. Sama seperti resep rahasia, setiap algoritma search engine (Google, Yahoo, MSN, Altavista, Ask) memiliki atribut uniknya masing-masing untuk menafsirkan dan memberikan hasil berdasarkan kriteria ranking yang masih belum sempurna. Ini adalah gambaran singkat dari faktor yang menentukan ranking dan secara mendasar memberitahukan bagaimana mereka bekerja.
Elemen yang bisa anda gunakan untuk menciptakan relevansi adalah:
Allinanchor: sebuah link yang bertumpuk tinggi, baik secara internal maupun eksternal yang memenuhi istilah pencarian tertentu. Situs yang dibangun dengan link internal yang banyak termasuk ke dalam kategori ini. Ini adalah faktor penentu ranking utama dari search engineyang berbasis meta search, yang bergantung pada popularitas link untuk menilai objek mereka. Pada dasarnya, popularitas itu sama dengan “vote” dari situs lain yang menyokong halaman anda dengan link dari mereka. Frase kata yang mereka gunakan, bisa berkontribusi untuk meningkatkan posisi relatif anda, berdasarkan dari keyword yang mereka gunakan.
Allintitle: penggunaan keyword yang berulang di suatu title (seperti nama perusahaan, keywordatau brand)
Anda pasti sering melihat penamaan yang konvensional yang memanfaatkan sebuah saluran dan lalu menggunakan keyword yang konsisten baik sebelum maupun sesudah topik dari suatu halaman. Ini adalah hal yang biasa terjadi di suatu blog, tetapi ini adalah taktik SEO yang cukup terkenal berdasarkan siloing (teknik SEO yang menciptakan keyword yang kuat yang berkaitan dengan tema dari situs itu sendiri untuk meningkatkan relevansi dari situs di mata search engine) agar menghasilkan ranking yang lebih baik. Contohnya adalah deskripsi dari suatu halaman dan keyword yang secara konsisten anda gunakan untuk meningkatkan ranking (perusahaan desain website, perusahaan marketing,dll.)
Jika digunakan dengan cukup sering maka dari sudut pandang pengembangan konten, situs itu bisa mendapatkan posisi ranking yang tinggi pada keyword yang secara konsisten digunakan. Alasannya adalah karena ketika title diindeks oleh search engine atau RSS feeds, mereka menjadi anchor text, belum lagi ketika keyword tersebut menjadi matang, maka setiap linkakan menjadi lebih kuat.
Dengan munculnya blog atau penggunaan CMS (Content Management Systems), setiap kali anda mem-publish sebuah halaman, anda sedang membangun allinanchor, allintext dan korelasi dariallintitle. Jika anda bisa memanfaatkan potensi maksimal dari ketiganya, mereka bisa menjadi faktor ranking yang dominan untuk meningkatkan posisi ranking anda.
Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa begitu banyak domain menggunakan nama yang sama dengan nama perusahaannya (atau keyword di nama domain), ini disebabkan karena banyaknya penggunaan kata-kata tertentu dalam suatu nama yang ditampilkan dan diberikan link balik ke halaman anda di web. Ada banyak faktor penentu lainnya, tetapi sekarang anda telah mendapatkan intinya.
Allintext. Keyword yang paling banyak digunakan atau rangkaian keyword yang berkontribusi untuk mencipatkan hasil yang lebih relevan sesuai dengan algoritma search engine. Formula yang tepat hanya diketahui oleh engineer dari search engine tersebut, tetapi setelah melalui banyak praktek, praktisi SEO telah menyimpulkan bahwa keseimbangan dari tiga elemen (di antara banyak lainnya) inilah yang berkontribusi terhadap perolehan hasil yang lebih tinggi darisearch engine sebagai hasil perpaduan dan penyeimbangan elemen ini untuk menghasilkan efek yang diiinginkan.
Bergantung dari perpaduan dari masing-masing elemen ini dan apa yang sedang disukai search engine pada waktu tertentu, elemen-elemen ini bisa bekerja atau malah menentang posisi realtif anda.
Jika situs anda memiliki relevansi allinanchor yang sangat tinggi, seperti Adobe Acrobat pada istilah “Click Here,” ini menunjukkan terjadinya Google Bomb Effect, sebuah situs yang memiliki istilah tertentu yang sangat tinggi pada anchor text-nya, dengan kata lain link akan mendapatkan posisi yang lebih tinggi pada istilah tersebut. Karena Adobe Reader memiliki anchor text ”Click Here” untuk men-download Adobe Acrobat, ranking mereka akan ditentukan dengan lebih tinggi pada istilah tersebut di tengah ratusan juta hasil pencarian di Google. Tentunya ini adalah mimpi bagi semua pemain SEO.
Akan tetapi, istilah yang dimaksud ini tidak bisa ditemukan pada halaman yang diarahkan dari suatu link (“click here” tidak ada di halaman Adobe Reader tersebut), yang mana ini adalah bukti pada fakta bahwa hal/istilah yang menentukan posisi ranking itu tidak selalu ada di suatu halaman. Intinya, anda bisa meningkatkan ranking pada konten yang jarang terletak pada sebuah halaman (ini adalah teknik SEO tingkat tinggi), tetapi efektif jika sudah terstruktur.
Cara lainnya adalah menggunakan content ranking strategy. Jika anda memiliki satu situs yang memiliki ratusan atau ribuan halaman, cara ini saja ditambah dengan hubungan dari internallink bisa meningkatkan ranking anda dengan sangat tinggi jika anda menggunakan keyword utama yang sama dalam title secara konsisten.
Inilah kenapa menamakan keyword anda dengan menggunakan pengubah keyword tertentu adalah aspek dasar dari optimasi. Daripada menggunakan hal-hal random sebagai nama kategori, alangkah lebih baik gunakan frase yang lebih relevan dari awal, lalu tambahkan juga di bagian URL setiap anda mem-publish konten tambahan di bawah sub folder.
Terakhir, strategi ranking menggunakan allintext lebih baik digunakan pada produk yang bisa digunakan untuk menghasilkan dampak pada banyak hal lainnya. Selain dari situs scraper (situs yang dibuat untuk AdSense) yang mendapatkan data dari situs lain dan merekonstruksinya demi memiliki kombinasi allintext yang tinggi di suatu halaman (ini tujuannya jelas untuk menarik banyak klik melalui traffic). Cara yang mudah untuk meningkatkan ranking adalah dengan memasukkan istilah/keyword dalam suatu halaman, dan tidak berlebih-lebihan. Ini semua adalah tentang keseimbangan, relevansi, dan menggabungkan semua eleman dengan mulus.
Kunci untuk menciptakan link yang berkualitas adalah dengan men-share dan mempromosikannya dengan cara yang sesuai. Masukkan link yang sehat ke halaman anda dan pastikan link internal berhubungan dengan halaman yang lain serta jangan lupa untuk men-tag konten anda.

Sumber: seodesignsolution.com
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com