Bagi
anda yang belum paham dengan aspek fundamental dalam pembangunan on page dan off page SEO, beberapa elemen berikut ini
memiliki pengaruh yang mendalam pada bagaimanasearch engine melihat halaman website anda. Pada
dasarnya, situs memiliki tiga elemen kompetitif yang sangat diperlukan yang
bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan posisi relatif dari halaman anda.
Ketiga elemen itu adalah allintext, allinanchor,
dan allintitle rasio. Jika anda bisa memanfaatkan
elemen ini dengan baik, maka anda bisa menaikkan relevansi/hubungan situs anda
di search engine.
Jika
anda bisa memanfaatkannya dengan maksimal, anda bisa mendapatkan posisi dengan
ranking yang tinggi. Sama seperti resep rahasia, setiap algoritma search engine (Google, Yahoo, MSN, Altavista, Ask)
memiliki atribut uniknya masing-masing untuk menafsirkan dan memberikan hasil
berdasarkan kriteria ranking yang masih belum sempurna. Ini adalah gambaran
singkat dari faktor yang menentukan ranking dan secara mendasar memberitahukan
bagaimana mereka bekerja.
Elemen
yang bisa anda gunakan untuk menciptakan relevansi adalah:
Allinanchor: sebuah link yang bertumpuk tinggi, baik secara
internal maupun eksternal yang memenuhi istilah pencarian tertentu. Situs yang
dibangun dengan link internal yang banyak termasuk ke dalam
kategori ini. Ini adalah faktor penentu ranking utama dari search engineyang
berbasis meta search, yang
bergantung pada popularitas link untuk menilai objek mereka. Pada
dasarnya, popularitas itu sama dengan “vote” dari situs lain yang menyokong
halaman anda dengan link dari mereka. Frase kata yang mereka
gunakan, bisa berkontribusi untuk meningkatkan posisi relatif anda, berdasarkan
dari keyword yang mereka gunakan.
Allintitle: penggunaan keyword yang berulang di suatu title (seperti
nama perusahaan, keywordatau
brand)
Anda
pasti sering melihat penamaan yang konvensional yang memanfaatkan sebuah
saluran dan lalu menggunakan keyword yang konsisten baik sebelum maupun
sesudah topik dari suatu halaman. Ini adalah hal yang biasa terjadi di suatu
blog, tetapi ini adalah taktik SEO yang cukup terkenal berdasarkan siloing (teknik SEO yang menciptakan keyword yang kuat yang berkaitan dengan tema
dari situs itu sendiri untuk meningkatkan relevansi dari situs di mata search engine) agar
menghasilkan ranking yang lebih baik. Contohnya adalah deskripsi dari suatu
halaman dan keyword yang secara konsisten anda gunakan untuk meningkatkan
ranking (perusahaan desain website, perusahaan marketing,dll.)
Jika
digunakan dengan cukup sering maka dari sudut pandang pengembangan konten,
situs itu bisa mendapatkan posisi ranking yang tinggi pada keyword yang secara konsisten digunakan.
Alasannya adalah karena ketika title diindeks oleh search
engine atau RSS
feeds, mereka menjadi anchor text, belum
lagi ketika keyword tersebut menjadi matang, maka setiap linkakan
menjadi lebih kuat.
Dengan
munculnya blog atau penggunaan CMS (Content Management Systems), setiap kali
anda mem-publish sebuah
halaman, anda sedang membangun allinanchor, allintext dan korelasi dariallintitle.
Jika anda bisa memanfaatkan potensi maksimal dari ketiganya, mereka bisa
menjadi faktor ranking yang dominan untuk meningkatkan posisi ranking anda.
Hal ini
menjadi salah satu alasan kenapa begitu banyak domain menggunakan nama yang
sama dengan nama perusahaannya (atau keyword di nama domain), ini disebabkan karena
banyaknya penggunaan kata-kata tertentu dalam suatu nama yang ditampilkan dan
diberikan link balik ke halaman anda di web. Ada
banyak faktor penentu lainnya, tetapi sekarang anda telah mendapatkan intinya.
Allintext. Keyword yang paling banyak digunakan
atau rangkaian keyword yang berkontribusi untuk mencipatkan
hasil yang lebih relevan sesuai dengan algoritma search engine. Formula yang tepat hanya
diketahui oleh engineer dari search
engine tersebut, tetapi
setelah melalui banyak praktek, praktisi SEO telah menyimpulkan bahwa
keseimbangan dari tiga elemen (di antara banyak lainnya) inilah yang
berkontribusi terhadap perolehan hasil yang lebih tinggi darisearch engine sebagai hasil perpaduan dan penyeimbangan
elemen ini untuk menghasilkan efek yang diiinginkan.
Bergantung
dari perpaduan dari masing-masing elemen ini dan apa yang sedang disukai search
engine pada waktu
tertentu, elemen-elemen ini bisa bekerja atau malah menentang posisi realtif
anda.
Jika
situs anda memiliki relevansi allinanchor yang sangat tinggi, seperti Adobe
Acrobat pada istilah
“Click Here,” ini menunjukkan terjadinya Google
Bomb Effect, sebuah situs yang memiliki istilah tertentu yang sangat tinggi
pada anchor text-nya,
dengan kata lain link akan mendapatkan posisi yang lebih
tinggi pada istilah tersebut. Karena Adobe Reader memiliki anchor text ”Click
Here” untuk men-download Adobe
Acrobat, ranking mereka akan ditentukan dengan lebih tinggi pada istilah
tersebut di tengah ratusan juta hasil pencarian di Google. Tentunya ini adalah
mimpi bagi semua pemain SEO.
Akan
tetapi, istilah yang dimaksud ini tidak bisa ditemukan pada halaman yang
diarahkan dari suatu link (“click
here” tidak ada di halaman Adobe Reader tersebut), yang mana ini adalah bukti
pada fakta bahwa hal/istilah yang menentukan posisi ranking itu tidak selalu
ada di suatu halaman. Intinya, anda bisa meningkatkan ranking pada konten yang
jarang terletak pada sebuah halaman (ini adalah teknik SEO tingkat tinggi),
tetapi efektif jika sudah terstruktur.
Cara
lainnya adalah menggunakan content ranking strategy.
Jika anda memiliki satu situs yang memiliki ratusan atau ribuan halaman, cara
ini saja ditambah dengan hubungan dari internallink bisa
meningkatkan ranking anda dengan sangat tinggi jika anda menggunakan keyword
utama yang sama dalam title secara konsisten.
Inilah
kenapa menamakan keyword anda dengan menggunakan pengubah keyword tertentu adalah aspek dasar dari
optimasi. Daripada menggunakan hal-hal random sebagai nama kategori, alangkah
lebih baik gunakan frase yang lebih relevan dari awal, lalu tambahkan juga di
bagian URL setiap anda mem-publish konten
tambahan di bawah sub folder.
Terakhir,
strategi ranking menggunakan allintext lebih baik digunakan pada produk yang
bisa digunakan untuk menghasilkan dampak pada banyak hal lainnya. Selain dari
situs scraper (situs yang dibuat untuk AdSense) yang mendapatkan data dari
situs lain dan merekonstruksinya demi memiliki kombinasi allintext yang tinggi di suatu halaman (ini
tujuannya jelas untuk menarik banyak klik melalui traffic).
Cara yang mudah untuk meningkatkan ranking adalah dengan memasukkan istilah/keyword dalam
suatu halaman, dan tidak berlebih-lebihan. Ini semua adalah tentang keseimbangan,
relevansi, dan menggabungkan semua eleman dengan mulus.
Kunci
untuk menciptakan link yang berkualitas adalah dengan men-share dan mempromosikannya dengan cara yang
sesuai. Masukkan link yang
sehat ke halaman anda dan pastikan link internal
berhubungan dengan halaman yang lain serta jangan lupa untuk men-tag konten
anda.
Sumber:
seodesignsolution.com