Tuesday 3 March 2015

Prospek Cerah Bisnis dan Investasi Online Indonesia


Berdasarkan artikel dari situs menteri keuangan  mengatakan bahwa

Indonesia tidak bisa terus menggantungkan pendorong laju pertumbuhan ekonomi dari konsumsi rumah tangga. Hal ini mengingat, meski pun konsumsi rumah tangga akan tetap stabil seperti yang terjadi selama beberapa tahun ini, tetapi kontribusi nya terhadap pertumbuhan akan relatif terbatas. “Tapi kita tidak bisa berharap konsumsi akan menjadi penggerak pertumbuhan yang lebih tinggi, karena kontribusi nya relatif stabil dan terbatas,” jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dalam acara Indonesia Economic Forum di Hotel Ritz Carlton,

Melihat situasi tersebut, Menkeu menilai bahwa investasi akan menjadi sumber pertumbuhan yang potensial.  “Jadi, sumber pertumbuhan yang masih memiliki potensial yang tinggi adalah investasi,” kata Menkeu.

Hal demikian didukung oleh kebijakan Presiden Joko Widodo yang ingin memotong proses, seperti perizinan, jumlah izin dan periode pengurusan izin, agar dapat meningkatkan iklim investasi. Menkeu berharap, daya tarik indonesia untuk foreign direct investment (FDI) akan tetap kuat walaupun akan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.


baca di sini 

Sejumlah sektor di Indonesia diprediksi mampu menarik para investor sepanjang 2015.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Aviliani mengatakan program pemerintah dalam hal pembangunan infrastruktur menjadi daya tarik para investor.

Sektor gaya hidup atau lifestyle, lanjutnya, dinilai akan banyak menjadi incaran investor. Saat ini terdapat sekitar 52 juta orang di Indonesia yang masuk dalam kelas atas dan 100 juta orang masuk kelas menengah.

"Besarnya kelas atas dan menengah ini sekitar 150 juta orang akan menjadi daya tarik bagi investor. Walaupun penduduk miskinnya banyak," kata Aviliani.

Peluang Bisnis Online

Dengan berkembangannya zaman dan teknologi, penggunaan internet di Indonesia dan dunia pada umumnya terus bertambah, bahkan sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi sebagian penduduk dunia. Hal ini tentu  memberikan  dampak  bagi  pola  hidup  manusia,  termasuk  diantaranya  pola  interaksi  jual beli yang sudah memberikan banyak peluang bagi generasi muda untuk terjun dalam bisnis melalui Internet yang biasa disebut Online Shop atau e-commerce, berikut statistik pengguna internet di Indonesia sebagai indikator bahwa perkembangan peningkatan jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) :



Dari statistik di atas, dapat diambil kesimpulan bahwasanya pengguna internet terus meningkat dan ini menjadi peluang usaha, bahkan pada tahun 2012 sudah mencapai 63 juta orang yang menggunakan internet, dan di proyeksikan akan lebih meningkat lagi menjadi 139 juta pada tahun 2015.

seiring dengan terus bertambahnya pengguna layanan internet, semakin murah dan mudah untuk mendapatkan layanan internet, serta didukung oleh peningkatan produktifitas pengusaha yang menyediakan  berbagai  produk  untuk dipasarkan,  peluang bisnis online  ini  tentu  sangat menjanjikan. Jual beli online terhitung mudah untuk dijalankan, karena tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan  adanya  foto  produk  dan  akses  internet  untuk  memasarkannya,  usaha  ini  sudah  dapat berjalan. Terbukti dengan banyaknya transaksi yang telah terjadi, khususnya di tempat penyedia e-commerce yang sudah terkenal, seperti kaskus, toko bagus, bhineka, dan lain-lain. Berikut data transaksi yang di keluarkan oleh Sharing VisionTM dari berbagai sumber, 2013:


  Daily page viewNilai transaksi/bulanLain-lain
 Kaskus.co.id3.282.582Rp.575.000.000.000- Jumlah pengguna : 5 juta- Jumlah pengunjung/ bulan : 22 juta
 Bhineka.com284.090Rp. 25.000.000.000- Rata-rata transaksi: 5500/ hari
 Tokopedia.com212.642Rp. 8.000.000.000- 9000 toko aktif terdaftar dan 200.000 jenis produk
 Zalora.co.id116.266Rp. 720.000.000.000- Rata-rata transaksi: 2000/hari- 500 brand dan 25.000 jenis produk
 Tokobagus.com800.000Rp.1.400.000.000.000- Jumlah iklan: 50.000 iklan/ hari- Rata-rata transaksi: 200.000/ bulan
Dari data transaksi di atas dapat anda bayangkan begitu besar peluang bisnis online 2015 ini, sudah saatnya produk anda di online kan….:)



Menurut beberapa pelaku bisnis, trend bisnis di tahun 2015 tidak akan berubah dan sama dengan trend bisnis di tahun 2014 kemarin dimana bisnis online masih menjadi peluang bisnis yang paling banyak diminati. Bisnis online yang sangat fleksibel, hemat waktu, bisnis yang tanpa ada ruang pemisah ruang dan waktu, menurut beberapa kalangan pelaku bisnis menjadikan bisnis online ini menjadi pilihan terbaik para pelaku bisnis di tahun 2015 mendatang. Di sisi lain dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi terutama teknologi perangkat komunikasi menjadikan para pelaku bisnis menjadi sangat terbantukan baik ketika mereka harus memantau setiap transaksi maupun komunikasi dengan para pelanggan mereka dan dengan fakta inilah maka bisnis online masih menjadi trend bisnis di tahun 2015.

Bebarapa Trend bisnis yang juga diprediksi akan booming di tahun 2015, disini saya mencatat:
  • Menjadi penulis lepas. Mengapa saya memasukkan menjadi penulis lepas adalah peluang bisnis di tahun 2015 mendatang?   Tentu saja dengan alasan bahwa trend bisnis online yang booming di tahun 2015 di atas tak lepas dari peranan website atau pun blog sebagai alat bisnis online yang paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis online. Tentu saja tidak semua pelaku bisnis online  tersebut mahir di dalam mengisi konten situs mereka dengan tulisan tulisan yang memikat para customers/ pembeli, maka disinilah peranan para penulis lepas tersebut. Dengan alasan inilah maka admin memasukkan menjadi penulis lepas adalah trend bisnis di tahun 2015 yang akan booming kedepannya. Keberhasilan sukses bisnis menjadi penulis lepas akan sangat ditentukan oleh kemampuan anda di dalam menulis artikel artikel seperti yang diinginkan oleh para pelaku bisnis online di atas.

  • Bisnis waralaba. Walaupun sebenarnya menekuni binsi waralaba ini dikategorikan sebagai sebuah konsep bisnis yang agak sulit dilakukan namun statistic perkembangan bisnis waralaba ini dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk sukses di dalam menekuni bisnis waralaba ini adalah anda haruslah memiliki tim yang profesional dan solid terutama di dalam menentukan prestasi usaha waralaba yang anda jalankan.

  • Usaha kuliner. Walaupun sudah banyak pelaku bisnis ini tetapi usaha kuliner ini masih menjadi trend bisnis di tahun 2015 mendatang. Kebutuhan manusia akan makanan menjadikan bisnis kuliner ini terus menjadi pilihan orang di dalam berbisnis. Sukses menekuni bisnis kuliner ini menurut beberapa pakar kuliner sebenarnya ada di cita rasa. Jika anda mampu memberikan cita rasa yang berbeda maka anda akan sukses menekuni bisnis kuliner ini.

  • Bisnis musiman. bisnis ini menunjukkan trend peningkatan yang sangat signifikan dan menurut pengamat bisnis bisnis musiman ini masih menjadi trend bisnis di tahun 2015 nanti. Berjualan gamis dan jilbab lebaran yang tengah menjadi trend, memasarkan kue-kue kering saat natal dan lebaran, berjualan jersey saat musim piala dunia dan lain-lain adalah contoh bisnis musiman yang bisa anda lakukan. Bisnis musiman ini mempunyai prospek yang sangat bagus dan bisa menghasilkan keuntungan sangat besar apabila anda jeli dalam menangkap peluang yang bisa dimaksimalkan dan saat ini bisnis batu akik lagi trend dan banyak digemari oleh pelaku bisnis.
Demikianlah trend bisnis di tahun 2015 mendatang yang diperkirakan oleh para pelaku bisnis di Indonesia akan menglami booming dan semoga tulisan sederhana ini bisa menginspirasi bisnis yang akan anda lakukan nantinya. Terima Kasih.





1 comment:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com