Thursday 26 March 2015

Bagaimana menjalankan peran sebagai mahasiswa dan entrepreneur secara bersamaan


Saya telah bertemu dengan banyak entrepreneur (yang masih) mahasiswa, dan saya mendengar pertanyaan yang dilontarkan terus menerus: bagaimana Anda menjalani peran sebagai mahasiswa dan entrepreneur secara bersamaan? Pertanyaan tersebut telah ditanyakan kepada saya sejak saya masih kuliah. 

Jawaban saya adalah jangan dikerjakan sekaligus. Setidaknya, jangan terlalu sering. Fokus pada satu hal dan lakukan dengan sangat baik. Kemungkinan Anda tidak akan unggul di dua hal tersebut dan ada banyak sekali hal yang harus ditangani ketika Anda menjalankan sebuah perusahaan. Jika Anda memilih untuk menjadi seorang entrepreneur, maka berfokuslah untuk menjadi entrepreneur yang bagus. Untuk kuliah, lakukan usaha yang minimum. Mendapat C+ bukanlah sebuah masalah. Anda tidak memerlukan A+ untuk menjadi unggul dalam hidup. 

Sejauh ini, peringkat kuliah saya belum relevan bagi saya dan kemungkinan tidak akan relevan di masa mendatang. Saya sangat percaya bahwa orang akan lebih menghargai hal-hal yang telah Anda lakukan dibanding peringkat yang Anda capai di universitas. Dan sedihnya lagi, hal-hal yang Anda pelajari di kelas seringkali tidak bisa diterapkan di kehidupan nyata. Saya tidak menjelek-jelekkan pendidikan; karena memang pendidikan membantu kita membangun jaringan dengan teman, menangani stress, dan memperoleh pengetahuan. Dan mempunyai gelar/diploma dapat digunakan sebagai rencana cadangan juga. 

Sebagai seorang mahasiswa, sangat penting untuk menguji apakah Anda dapat mengatasi dan memahami risiko yang akan Anda hadapi. Sebagai mahasiswa tahun pertama, tampaknya mudah untuk membuat pilihan menjadi entrepreneur. Anda masih memiliki waktu tiga tahun dan Anda belum harus berkontribusi kepada orangtua, atau bersaing dengan para pekerja. Tapi jika Anda sudah berada di tahun ketiga atau keempat, Anda akan mulai ragu apakah menjadi entrepreneur adalah jalan yang tepat bagi Anda. Bisakah Anda membangun sebuah perusahaan yang menguntungkan. Dan akankah itu sama atau mungkin tidak lebih memuaskan dibanding pekerjaan teman-teman Anda? Masalahnya menjadi semakin buruk ketika Anda melihat teman-teman menerima tawaran pekerjaan di perusahaan bergengsi dengan gaji yang besar dan Anda masih berjuang dengan startup Anda. 

Entrepreneur yang bagus bisa mengatasi stress dan keraguan tersebut dan akan terus membangun startupnya. Seorang entrepreneur yang luar biasa adalah orang yang dapat terus menjaga passion mereka dan membangun sebuah perusahaan yang dikagumi dan dihargai orang.


Sumber: idtechinasia
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com