Wednesday 1 April 2015

Tips Untuk Startup Agar Bisa Terus Bertahan


Bagi anda yang sudah mendirikan sebuah startup atau yang baru akan mendirikan, pasti berkeinginan startup yang anda didirikan terebut dapat bertahan lama di tengah persaingan yang ketat. Nah ada baiknya perhatikan beberapa point penting ini supaya startup yang anda dirikan dapat bertahan lama.
  • Pastikan anda memilih seorang co-founder yang tepat, kesalahan dalam memilih seorang co-founder dapat membuat startup anda gagal. Keberhasilan sebuah startup selalu diukur dari fungsi utama sang founder. Memilih seorang cp-founder diibaratkan mencari pasangan hidup jika tidak cocok maka hubungan akan berantakan. Dua hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah sifat dan komitmen. Memilih co-founder yang sifatnya kurang bersahabat akan merusak hubungan antar founder. Hubungan antar founder merupakan hal utama yang perlu dijaga. Begitu juga dengan komitmen, pastikan memilih co-founder yang benar-benar berkomitmen serta memiliki visi dan misi yang sama. Jika tidak ada kesamaan visi dan misi, hal tersebut akan membuat startup anda tidak akan berjalan.
  •  Jangan pernah menunggu untuk segera meluncurkan produk yang anda miliki, karena semakin anda menunggu semakin anda tidak akan mengetahui keinginan pasar sebenarnya. Dan semakin anda menunggu anda tidak akan menerima feedback yang signifikan.
  • Kembangkanlah ide yang startup anda miliki, jangan hanya berfokus kepada satu ide, jika anda tidak membiarkan ide startup anda untuk berkembang itu sama saja anda mencegah startupanda menjadi besar.
  • Buatlah para pengguna layanan startup anda senang, seperti halnya orang berdagang jika layanan kita baik dan barang kita oke tentunya pembeli atau pengguna akan senang. Dan hal tersebut adalah cara membangun sebuah trust kepada pelanggan.
  • Buat sesuatu yang bisa diukur Dengan mengukur sesuatu, kita mempunyai kecenderungan untuk meningkatkannya. Pastikan Anda mengetahui apa yang ingin Anda ukur, sehingga hal itu tidak menjadi gangguan. Anda bisa menentukan key performance indicator (KPI) untuk membuat target dan melihat perkembangan startup Anda.
  • Batasi biaya operasi, makanya kebanyakan startup yang baru muncul, mereka berjalan secara bootstrap atau mandiri. Karena dengan biaya yang terbatas akan menjadikan sebuah startup lebih belajar bagaimana mereka mengelola uang.
  • Berusahalah fokus untuk startup yang anda berikan, jangan sampai ada yang mengganggu fokus anda, karena jika hal tersebut terjadi startup anda akan berjalan sangat – sangat lamban, dan bisa saja tidak akan berjalan.
  • Teruslah percaya diri, karena membangun sebuah startup adalah sebuah beban moral yang sangat besar, jangan biarkan kondisi mengalahkan anda. Tetaplah semangat dan bangun team yang solid supaya startup anda akan berjalan langgeng.
  • Jangan terlalu berharapakan adanya investasi dari luar, hal tersebut akan mengganggu orientasi dari berdirinya startup yang anda buat. Pikirkanlah kualitas dan perbaikan secara berkala, biarkan investasi datang kepada anda jika sudah pada waktunya.
Editor : Bayu Setiawan
Sumber: Centrotech
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com