Friday 10 April 2015

Panduan dan tips agar startup Anda diulas di Tech in Asia

Sebagai media online yang membahas tentang dunia startup teknologi, kami menerima banyak sekali e-mail dari startup teknologi baru yang menginginkan kami mengulas produk atau layanan mereka. Sayangnya, banyak di antara mereka yang kami abaikan, entah karena kurang meyakinkannya pitching yang mereka buat atau kurang siapnya produk dan layanan startup mereka setelah kami coba.

Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan panduan dan tips untuk startup pemula agar kesempatan untuk diliput di situs kami semakin besar.

Kirim e-mail atau isi formulir ulasan startup
Sebagai langkah pertama, Anda bisa mengirim e-mail ke ed@techinasia.com atau mengisi formulir ini. Jika Anda lebih memilih untuk mengirim e-mail dibanding mengisi formulir, pastikan konten dalam e-mail Anda menjawab seluruh pertanyaan yang ada di formulir tersebut. Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan pada saat menulis konten e-mail atau mengisi formulir yang kami sediakan:

Berikan informasi detail startup Anda
Informasi detail mengenai startup Anda seperti nama startup, nama founder, alamat situs, nomor yang bisa dihubungi, alamat kantor, investor (bila sudah ada), dan informasi dasar lainnya merupakan hal yang sangat penting untuk diberitahukan kepada penulis. Selain mengindikasikan bahwa startup Anda merupakan bisnis yang serius, kami akan menyimpan data tersebut pada platform Techlist kami. Dengan terdata pada platform tersebut, startup Anda mendapat kesempatan untuk dilirik oleh para investor yang telah bergabung di Techlist.

Jelaskan cerita pendirian, produk, dan model bisnis startup Anda
Produk atau layanan startup Anda bisa dibilang merupakan hal utama yang Anda ‘jual’ pada presentasi Anda. Oleh karena itu, Anda harus paham betul terhadap produk maupun model bisnis yang Anda terapkan pada startup Anda. Pastikan Anda mengetahui target pasar, kompetitor, proyeksi masa depan, dan sebagainya. Selain paham, pastikan Anda bisa menjelaskan hal tersebut. Biasanya, startup dengan produk atau layanan yang sudah siap akan lebih mudah untuk dijelaskan. Jadi, pastikan bahwa produk atau layanan Anda memang sudah siap digunakan pengguna. Anda bisa membaca artikel ini untuk mendapat sejumlah tips.

Selain menjelaskan produk, jangan lupa untuk menyisipkan kisah pendirian startup Anda. Tak jarang, kisah perjalanan entrepreneurship seorang Founder saat mendirikan startup atau alasan pendirian startup itu sendiri bisa menjadi daya tarik bagi penulis untuk mengulas startup Anda.

Traksi penting, tapi jangan berbohong
Untuk memberikan gambaran kepada penulis tentang pertumbuhan startup, Anda sangat dianjurkan untuk membagi traksi startup Anda. Dengan informasi traksi ini, penulis nantinya bisa menanyakan pertanyaan lanjutan, seperti apa strategi yang digunakan (jika pertumbuhannya bagus) atau apa kendala yang dihadapi (jika pertumbuhan tidak begitu bagus). Selain itu, informasi traksi ini bisa menjadi pencapaian dan reputasi bagi startup Anda untuk menarik pengguna baru bahkan investor.

Bagaimanapun, meski traksi penting, jangan pernah berbohong tentang traksi yang startup Anda dapat. Berbohong dengan mengubah angka traksi merupakan hal yang tidak sehat bagi ekosistem startup. Jika memang Anda tidak nyaman untuk memberikan angka, namun memiliki layanan yang benar-benar hebat, Anda bisa meyakinkan penulis untuk tetap mengulas kelebihan startup Anda dari sisi lain.

Pergunakan bahasa yang mudah dimengerti
Meski menulis tentang startup dan teknologi, para penulis secara umum ahli dalam menulis, bukan dalam hal teknologi. Ya, kami tahu cara mengoperasikan komputer dan gadget, dan kami mempunyai tingkat pemahaman yang cukup jika dibandingkan orang awam. Namun, bukan berarti kami ahli membuat coding dan paham algoritma teknologi.

Jika startup Anda mempunyai produk yang menggunakan teknologi canggih dan Anda ingin mempresentasikannya, pastikan Anda menjelaskannya dengan bahasa yang mudah dimengerti. Sebaiknya, hindari penggunaan bahasa teknis yang membingungkan. Anda juga bisa menjelaskannya dengan contoh kasus di kehidupan sehari-hari untuk memberikan gambaran yang lebih jelas bagi penulis. Pastikan penulis bisa mengerti penjelasan Anda, karena akan sulit menulis sesuatu yang tidak kita pahami, bukan?

Perbanyaklah membaca artikel ulasan startup
Supaya mendapat gambaran yang lebih jelas, ada baiknya Anda membaca artikel-artikel ulasan startup kami terlebih dahulu. Dengan ini, Anda bisa lebih mengerti poin-poin penting apa saja yang nantinya akan Anda cantumkan. Selain itu, tentunya Anda juga bisa belajar dan terinspirasi dari cerita, kendala, maupun strategi startup lain dalam menjalankan bisnis mereka. Anda bahkan mungkin bisa mengidentifikasi poin penting yang jarang diungkap oleh startup dan nantinya mungkin akan Anda bagi kepada penulis.

Jalin komunikasi dengan baik
Setelah Anda mengirimkan e-mail yang menjelaskan tentang startup dan produk Anda, bukan berarti penulis akan langsung mengulasnya. Penulis bisa dipastikan akan menanyakan pertanyaan lanjutan untuk menggali lebih dalam tentang startup Anda atau untuk menanyakan beberapa hal yang belum begitu jelas. Jika ini terjadi, pastikan Anda membalas e-mail dengan cepat. Atau setidaknya, jika memang Anda perlu waktu untuk memikirkan jawaban, Anda bisa membalas dengan menyampaikan kapan tepatnya jawaban akan diberikan kepada penulis. Tak jarang kami harus menghentikan penulisan ulasan sebuah startup, hanya karena pertanyaan yang penulis ajukan tidak kunjung dijawab dan akhirnya terlupakan.

Kami tidak menerima imbalan untuk mengulas sebuah startup
Dengan misi ikut menumbuhkan ekosistem startup, kami mencoba menghadirkan ulasan startup terbaik dengan menulisnya secara kritis dan tidak memihak. Oleh karena itu, kami tidak menerima upah dalam bentuk apapun untuk setiap ulasan startup yang kami terbitkan. Selama ini, banyak startup yang langsung menghubungi kami dan menanyakan berapa biaya yang harus mereka bayar untuk bisa diulas di situs kami.

Pertanyaan seperti itu justru mengurangi kredibilitas startup tersebut. Selain karena mengisyaratkan bahwa startup tidak cukup percaya diri dengan layanan atau produk yang mereka punya, mindset yang mereka miliki tentunya tidak sehat untuk ekosistem startup sendiri. Sebaiknya, startup berfokus mengembangkan layanan untuk memberikan yang terbaik bagi pengguna, alih-alih membayar media untuk mengulas layanan mereka.

Startup dengan produk dan layanan yang baik akan mengundang ketertarikan pengguna dan media dengan sendirinya, layaknya gula mengundang semut.

Beberapa panduan dan tips di atas bukan jaminan bahwa startup Anda sudah pasti akan ditulis oleh tim editorial kami. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kualitas produk dan layanan dari startup merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan utama dari penulis. Bagaimanapun, dengan memberikan informasi mengenai startup Anda, tidak tertutup kemungkinan nantinya kami akan menghubungi Anda jika startup Anda sudah berkembang dan menghadirkan layanan yang berkualitas.

Tips dan panduan di atas lebih diperuntukkan bagi startup pemula yang ingin diulas layanannya. Bagi startup lama yang sudah pernah diulas, Anda bisa membaca artikel ini untuk mengetahui kapan sebaiknya Anda menghubungi media kembali untuk diliput.


(Diedit oleh Hendri Salim)
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com