Sunday 26 April 2015

Tips Belanja Aman & Menghindari Terjadinya Penipuan Belanja Online


Kemajuan teknologi, khususnya internet yang terjadi dalam dekade terakhir membuat banyak kemudahan tersedia untuk pengguna internet. Salah satunya adalah kemudahan dalam berbelanja atau bertransaksi secara Online. Bagi anda yang gemar belanja atau mencari barang-barang yang dibutuhkan cukup “berselancar” di dunia maya dan bisa menemukan barang-barang yang dikehendaki. Di lain sisi, Penjual cukup menawarkan barang dengan postingan (biasanya di forum-forum jual-beli atau media sosial seperti facebook) dan mencantumkan contak person untuk dihubungi jika ada yang berminat untuk membeli.

Cara belanja/berjualan secara online sangat membantu bagi penjual atau pembeli yang terpisah jarak dan juga dapat menghapus kendala menghabiskan waktu dalam berbelanja. Cukup dengan menghubungi penjual, sepakat dengan harga, pembeli membayar (biasanya transfer) lalu penjual mengirimkan barang, pembeli bisa mendapatkan barang yang diinginkan.

Namun ringkasnya dan “terlalu” mudahnya cara berbelanja online ternyata memberi celah bagi oknum-oknum tertentu untuk melakukan penipuan. Tidak sedikit calon pembeli maupun penjual tertipu dan mengalami kerugian finansial yang tidak sedikit. Banyak cara atau motif oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. 

Untuk meminimalisir kemungkinan tertipu saat berbelanja secara online, ada berbagai cara yang bisa anda terapkan. Pada postingan kali ini, saya akan memberikan sebuah tips yang cukup sederhana dan mudah untuk anda terapkan, yang pasti bermanfaat untuk anda yang suka berbelanja secara online.

1.     Perhatikan bibit, bebet, bobot dari penjual produk online tersebut. Sipaakah nama asli sang penjual? Apa akun sosialnya? Apakah dia membuat akun twitter? Apakah dia adalah ORANG ASLI atau ‘manusia hantu’?

Perhatikan juga dari REPUTASI sang penjual, lihat produk GRATISAN mereka (bila ada), lihat sejarah mereka melalui Mbah Google, lihat KUALITAS mereka secara baik! Apabila mereka baik, mereka akan memberikan produk yang berkualitas.

2.     Perhatikan UMUR dari website penyedia jasa/produk tersebut. Usia website minimal harus berusia 3 tahun atau lebih!
3.     Perhatikan HARGA yang ditawarkan oleh penyedia jasa/produk tersebut. Harga yang normal dan wajar adalah maksimum 15% lebih murah dari harga pasar!

KUNCI belanja online AMAN itu satu, Anda harus BERSABAR, janagan terlalu bernafsu akan harga yang ditawarkan, dan lakuakan langkah-langkah tips belanja aman & menghindari terjadinya penipuan belanja online diatas terlebih dahulu agar anda bias terbebas dari penipuan bisnis online.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com