Monday 6 April 2015

Lima tips melakukan pitching yang baik untuk menarik investor


Kompetisi startup, Bootstrap Alley, Fireside Chat, dan sesi networking akan menjadi beberapa agenda dalam rangkaian acara konferensi Tech in Asia Singapore 2015 yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 6 hingga 7 Mei mendatang. Bagaimanapun, bagi sebagian besar startup tahap awal atau entrepreneur pemula, agenda yang paling menarik tentunya adalah sesi Speed Dating dengan investor. 

Sebagian besar startup merasa sulit untuk berbicara langsung dengan investor pada acara konferensi. Tapi dalam konferensi Tech in Asia Singapore, mereka mendapat kesempatan untuk melakukan pitching langsung di hadapan investor yang mereka pilih. Dan kami telah menyediakan lebih dari 35 investor di acara ini. 

Namun, mendapat kesempatan untuk melakukan pitching di depan investor hanyalah tahap pertama. Banyak startup yang gagal melakukan pitching. Anda mungkin bisa saja berpenampilan keren dan memiliki ide yang sangat brilian, tetapi apabila Anda tidak bisa menjelaskan dengan cepat dan jelas di hadapan investor, sama saja Anda membuang kesempatan. 

Jadi berikut adalah lima tips paling penting yang dapat membantu Anda melakukan pitching dengan baik. Tips berikut kami rangkum dari observasi kami selama mengadakan Tech in Asia Tour, serta saran-saran dari investor. 

1. Langsung menjelaskan masalah utama 

Kami sangat sering melihat pitching yang terlalu berbelit-belit, sehingga inti utama tidak terlihat. Pastikan pitching Anda menjawab pertanyaan, “Apa ide startup Anda dan mengapa ide tersebut disruptive? Anda harus bisa menjelaskan hal itu dengan cepat, karena Anda hanya mempunyai waktu lima menit untuk melakukan pitching. 

Willson Cuaca, co-founder dan Managing Partner East Ventures dan CEO Apps Foundry berbagai empat langkah melakukan pitching yang efektif: 


  • Tunjukkan masalah 
  • Tunjukkan traksi 
  • Tunjukkan bagaimana Anda akan memecahkan masalah tersebut 
  • Ungkapkan berapa besar pendanaan yang Anda inginkan, berapa besar pendanaan yang telah Anda peroleh (dan dari siapa saja) 


2. Sisakan waktu untuk pertanyaan 

Apabila Anda berhasil memikat perhatian investor dengan pitching Anda, mereka pasti akan melontarkan sebuah pertanyaan. Jadi jangan habiskan lima menit waktu yang Anda miliki untuk menjelaskan presentasi. Sediakan satu atau dua menit untuk menjelaskan sejumlah keraguan dan mungkin pernyataan penutup yang berkesan. Selain itu, jangan lupa mempersiapkan dan mengantisipasi pertanyaan yang diberikan sehingga Anda dapat menjawab dengan cepat. Umumnya, pertanyaan yang diajukan berhubungan dengan kemampuan Anda, kompetitor, atau target pasar. 

3. Menjalin hubungan 

Memberi pertanyaan yang sulit adalah tugas investor, jadi jangan bingung dan jangan patah semangat. Bahkan apabila pitching Anda tidak berjalan mulus, pasti akan ada kesempatan dimana investor kemungkinan berubah pikiran nantinya. Atau mereka mungkin akan menghubungkan Anda dengan investor lain yang tertarik dengan startup Anda. Jadi pastikan Anda tetap ramah, tukar informasi kontak Anda dengan mereka, dan tindaklanjuti dengan mengirim e-mail. 

4. Sentuhan pribadi 

Hal ini memang tidak dimiliki semua orang, tetapi bila Anda suka bercerita, Anda bisa mencoba hal itu untuk membuat koneksi awal dengan investor saat menjelaskan masalah yang ingin Anda pecahkan. Daripada Anda memberikan presentasi dengan informasi yang berat, akan lebih baik apabila Anda bisa menghubungkan masalah yang Anda hadapi atau apa yang mungkin juga dialami oleh investor dalam kehidupan sehari-hari. 

5. Pilih investor yang tepat 

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah persiapan sebelum konferensi berlangsung. Anda mempunyai waktu yang cukup banyak untuk mengidentifikasi investor dan mencoba mengidentifikasi salah satu dari mereka yang mungkin dapat menerima ide Anda. Liha perjalanan investasi yang mereka berikan untuk mengetahui sektor apa yang mereka minati. Tidak semata untuk melihat sektor apa yang mereka investasi, tapi Anda juga dapat mengetahui cara pendekatan mereka. 

Baca juga profil tentang orang-orang yang ingin Anda temui. Anda mungkin akan menemukan ketertarikan atau latar belakang yang sama, sehingga nantinya bisa menjalin hubungan yang baik dengan mereka. 

Demikian lima tips pitching yang bisa kami berikan dan kami harap Anda mulai mengasah kembali kemampuan pitching Anda hingga nantinya bertemu langsung dengan investor. Anda bisa melihat daftar investor yang sudah melakukan konfirmasi akan berpartisipasi pada konferensi Tech in Asia Singapore 2015.


Sesi Speed Dating merupakan bagian dari konferensi kami yang berlangsung pada tanggal 6 hingga 7 Mei. Ingin berpartisipasi? Dapatkan segera tiketnya di sini. Anda bisa mendapatkan diskon 10 persen untuk pembelian sebelum tanggal 19 April 2015.


(Diterjemahkan oleh Ketut Krisna Wijaya dan diedit oleh Lina Noviandari)
Sumber: idtechinasia

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com