Monday 7 August 2017

Ngeri! Ada Tanaman Pemakan 'Daging' lho


JAKARTA - Mungkin selama ini Anda hanya mengetahui hewan yang memakan daging (karnivora). Ternyata, tak hanya hewan yang memiliki jenis pemangsa daging, ada juga tanaman yang ditemukan kerap memangsa ‘daging’ seperti makan serangga.
Guna menjebak mangsanya, tanaman karnivora biasanya menggunakan lima mekanisme perangkap dasar yakni paper traps, snap traps, bladder traps, dan lobster pot traps. Terlepas dari mekanisme itu, berikut ini jajaran tanaman karnivora yang ada di dunia seperti dikutip Okezone dari berbagai sumber, Senin (7/8/2017).


Sarracenia
Sarracenia merupakan genus tanaman karnivora yang berasal dari pesisir timur, Texas, dan danau besar. Daun tanaman telah berevolusi menjadi corong, dengan tudung seperti struktur tumbuh di atas lubang untuk mencegah air hujan menipiskan cairan pencernaan.
Serangga tertarik dengan warna, bau, dan sekresi mirip nektar di bibir teko. Pijakan yang licin setidaknya membantu menjatuhkan serangga ke tempat di mana mereka mati dan dicerna oleh pretease dan enzim lainnya.


Genlisea
Genlisea atau lebih dikenal sebagai tanaman corkscrew terdiri dari 21 spesies dan umumnya tumbuh di lingkungan terestrial semibasah hingga semiair. Tanaman ini tersebar di Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.


Drosera
Drosera, yang biasa dikenal dengan sundews terdiri dari tanaman terbesar dengan setidaknya 194 spesies. Tanaman ini bisa ditemukan di Benua Antartika. Sundews bisa membentuk mawar berjarang dan memiliki tinggi berkisar antara 1 cm hingga 1 m. Menariknya, ia bisa hidup hingga 50 tahun.
Sundews dicirikan dengan tentakel glandular bergerak di atasnya dengan sekresi lengket manis. Ketika seekor serangga mendarat di tentakel yang lengket, tanaman tersebut mampu memindahkan lebih banyak tentakel ke arah serangga untuk menjebaknya lebih jauh.
Setelah terjebak, kelenjar sessile kecil akan mencerna serangga dan menyerap nutrisi yang dihasilkan, kemudian bisa digunakan untuk membantu pertumbuhan.


Dionaea Muscipula
Dianaea Muscipula atau yang lebih dikenal sebagai penangkap lalat Venus, mungkin merupakan tanaman karnivora yang paling terkenal dan memakan serangga serta arakhnida. Flytrap Venus merupakan tanaman kecil yang memiliki empat hingga tujuh daun yang tumbuh dari batang bawah tanah.
(kem)               


Sumber: okezone.com
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com