Setelah melihat langsung ekosistem startup di Silicon Valley, Amerika Serikat, Presiden
Jokowi langsung mencanangkan visi agar Indonesia bisa menjadi “The Digital
Energy of Asia”. Demi mendukung hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan
Informatika (Kemenkominfo) bersama Kibar pada tanggal 17 Juni 2016 yang lalu
meluncurkan GerakanNasional 1.000 Startup Digital.
Dengan program tersebut, Kemenkominfo berharap bisa
melahirkan 1.000 startup pada
tahun 2020, dengan total valuasi yang mencapai US$10 miliar (sekitar Rp133
triliun). Program ini rencananya akan hadir di sepuluh kota besar di Indonesia,
yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali,
Makassar, dan Pontianak.
Pada bulan Juni hingga September 2016, Gerakan Nasional
1.000 Startup Digital akan berlangsung di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.
Lalu menyusul di kota Bandung, Semarang, dan Malang pada September sampai
Desember tahun ini. Setelah itu, program yang sama juga akan diselenggarakan di
kota Medan, Pontianak, Denpasar, dan Makassar.
Bagaimana sebenarnya strategi pemerintah untuk bisa
melahirkan 1.000 startup tersebut?
Berikut ini adalah lima tahap yang telah mereka siapkan.
Ignition
Tahap Ignition ini sebenarnya merupakan pemberian seminar bertema entrepreneurship kepada
masyarakat Indonesia. Setiap tahunnya, pemerintah menargetkan ada 4.000 peserta
yang mengikuti tahap Ignition. Dari para peserta tersebut, akan dipilih 2.000
peserta terbaik yang berhak untuk masuk ke tahap selanjutnya.
Workshop
Di tahap ini, para peserta akan mendapat pembekalan
tentang berbagai hal yang mereka butuhkan saat membangun startup.
Materi-materi tersebut meliputi Design Thinking, Market Validation, dan
Business Model. Dari tahap ini, akan dipilih 1.000 peserta untuk bergabung di
tahap Hackathon.
Hackathon
Serupa dengan hackathon lainnya, di program Gerakan Nasional
1.000 Startup Digital ini para peserta diharapkan bisa membuat sebuah prototipe
dari ide startup mereka. 500 peserta terbaik nantinya
akan diperbolehkan untuk mengikuti tahap berikutnya.
Bootcamp
Tahap Bootcamp adalah sesi mentoring mendalam agar para calon startup bisa menjalankan bisnis mereka dengan
baik. Dari tahap ini, akan dipilih 200 peserta terbaik untuk masuk ke tahap
Inkubasi.
Inkubasi
Di tahap terakhir ini, para peserta akan kembali mendapat
pelatihan agar startup mereka
bisa mendapat valuasi yang diharapkan. Dengan 200 peserta setiap tahunnya,
diharapkan target 1.000 startup digital
di tahun 2020 bisa tercapai.
Menkominfo Rudiantara (duduk, kedua
dari kanan) dalam peluncuran Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital
|
Saat ini
sebenarnya sudah ada beberapa program untuk mendorong lahirnya lebih banyakstartup digital
yang dibuat pemerintah, seperti Bekup yang dibuat Bekraf, dan Solusi DesaBroadband Terpadu yang
dibuat oleh Kemenkominfo sendiri. Dari pihak swasta, Google pun telah mempunyai
program kursus Android gratis bernama Indonesia Android Kejar.
Melihat fenomena tersebut, Menkominfo Rudiantara
mengatakan kalau sudah seharusnya semua pihak di tanah air untuk bergerak demi
membuat lebih banyak startup digital
di Indonesia. “Saya sendiri tengah mempersiapkan sebuah program homeschooling untuk membina para developer tanah
air,” ujar Rudiantara.
Apabila kamu tertarik untuk mengikuti program 1.000
Startup Digital ini, kamu bisa melihat informasinya ditautan berikut.
Sumber: IdtechinAsia; Sumber Gambar: Financial Express