Perkembangan
informasi dan teknologi (IT) saat ini memang sangat massif.
Pertumbuhannya yang sangat cepat membuat orang-orang mau tak mau harus
berlarian mengejarnya agar tak jauh tertinggal. Percepatan teknologi dan
informasi yang juga menyentuh dunia bisnis pada akhirnya membuat para pelaku
pebisnis juga harus ikut mengupdate dan menyesuaikan dirinya pada perkembangan
IT tersebut.
Salah
satu hal yang harus disentuh oleh pebisnis era ini adalah teknologi internet. Bukan zamannya lagi kini pebisis harus
melakukan promosi dengan metode konvensional melalui media cetak seperti koran
dan majalah atau media elektronik seperti radio, televisi. Ini karena telah
hadir pilihan dan alternatif baru dalam kegiatan promosi bisnis para pengusaha
yang sangat berpotensi besar mencapai konversi. Pilihan dan alternatif yang
dimaksud adalah media online.
Media online yang memanfaatkan jaringan internet
sekarang memang sudah bukan sesuatu yang asing lagi bagi para pebisnis. Dengan
kemudahan, efisiensi dan efektivitas yang ditawarkannya, media online tentu
saja menjadi sebuah solusi bagi mereka yang sulit untuk mendapatkan konversi
bagi iklan yang dimilikinya dalam melakukan promosi online. Lalu seberapa
tinggi tingkat urgensi dari peran media online ini dalam upaya promosi online?
Berikut ulasannya.
1. Konversi Offline ke
Online
Hal pertama yang
membuat promosi online menjadi sesuatu yang penting adalah tingkat
konversi konsumen yang telah banyak beralih dari offline ke online. Informasi
yang sangat mudah, banyak dan cepat didapatkan dengan membuka mesin pencari
kini telah terbukti membuat banyak konsumen memilih jalur online sebagai media
pencariannya.
Maka tak ayal bila
banyak pebisnis yang kemudian berusaha sangat keras agar bisnisnya bisa mampu
bertengger di halaman pertama mesin pencari. Beragam cara dan strategi mereka
lakukan untuk itu, dari memanfaatkan SEO hingga beriklan secara online. Meski
harganya cukup mahal, namun melihat tingkat konversi yang besar, mereka tak
ragu untuk beriklan di media online besar.
2. Penetrasi Internet di Indonesia
Sebuah data mungkin
saja tak bisa mengelakkan Anda dari arti pentingnya media online ini. Sebuah
data dari International Telecommunications Union (ITU), lembaga
perpanjangan tangan PBB yang ditugasi mengurus persoalan informasi, komunikasi
dan teknologi itu menyebutkan bahwa jumlah pengguna internet dunia akan
mencapai 3 miliar pada akhir 2014.
Untuk pengguna
internet di Indonesia sendiri diungkap APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa
Internet Indonesia) yang menyatakan bahwa pada tahun 2014 pengguna internet di
Indonesia telah mencapai angka sebesar 88,1 juta. Angka ini meningkat dari 71,2
juta di tahun sebelumnya. Hampir setiap tahunnya pertumbuhan rata-rata pengguna
internet memang selalu meningkat. Lalu apakah Anda akan masih tak mau serius
dengan pentingnya upaya promosi online ini?
3. Selalu On 24 Jam
Seperti dijelaskan
sebelumnya bahwa media online ini memang hadir dengan membawa sebuah kemudahan
dan efisiensi. Nyatanya, dengan melakukan promosi online via media online,
toko atau iklan Anda akan tampil 24 jam non stop untuk bisa diakses oleh para
calon konsumen setiap harinya.
Sistem 24 jam ini
juga tak mengharuskan Anda harus selalu menyalakan lapotop dan koneksi internet
Anda sepanjang hari. Saat Anda sedang tidur pun, iklan ini akan bekerja dan
tampil di dunia maya untuk menarik para konsumen untuk datang dan melihatnya
hingga membelinya.
4. Jangkauan Promosi Online yang Lebih Luas
Internet merupakan
sebuah jaringan yang akan menghubungkan Anda dengan seluruh dunia. Ya! seluruh
dunia, bukan hanya Indonesia. Maka dari itu berpromosi atau beriklan dengan
metode online akan sangat efektif untuk bisa menarik pasar yang lebih luas dari
yang sebelumnya Anda lakukan pada pemasaran offline dengan metode konvensional.
5. Low Cost High Impact
Low
cost high impact adalah prinsip marketing yang memiliki arti
mengeluarkan budget serendah-rendahnya untuk menciptakan dampak dan
pengaruh yang sebesar-besarnya. Dengan menggunakan pemasaran online
prinsip ini sangat bisa dilakukan.
Beriklan
di media online memang menawarkan banyak pilihan, ada yang sangat mahal dengan
sebuah penempatan yang strategis di media yang sudah besar, namun ada juga yang
murah bahkan gratis seperti lewat media sosial atau aplikasi pesan instan. Namun
semahal apapun harga dari promosi melalui online tetap akan jauh lebih efektif
jika Anda melakukannya lewat online daripada offline.
6. Pengukuran yang Lebih Efektif
Terakhir, pentingnya
pemasaran dalam bentuk promosi dan iklan secara online ini bisa terlihat dari
tingkat pengukurannya yang jauh lebih efektif. Setiap kegiatan marketing yang
kita lakukan memang perlu diukur skala efektivitasnya.
Apakah
strategi tersebut sudah mendatangkan ROI (Return on Investment) untuk kita?
Dengan pemasaran online kita dapat mengukur segala aktivitas yang dilakukan
oleh target audiens kita di internet. Skala pengukuran dari media online
yang bisa diamati tersebut bisa berwujud beberapa hal seperti tingkat
awareness, jumlah impression, concideration, conversion bahkan hingga
tahap action seperti
pembelian.