Friday 27 February 2015

Pengaturan Profil WordPress Agar Kamu Lebih Dipercaya di Internet

Back to basic, lagi, meskipun beberapa janji seperti melanjutkan tutorial cara membuat themes belum juga saya lanjutkan. Kali ini saya akan menyampaikan pengaturan profil WordPress setelah kamu selesai install blog anda dengan menggunakan WordPress.
Tujuan pengaturan profil di blog WordPress ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca blog kamu tentang kamu. Hal ini penting karena dengan mereka tahu lebih tentang kamu, kepercayaan mereka tentang kamu akan lebih tinggi, sehingga jika kamu berniat untuk menggunakan blog untuk bisnis, kemungkinan mereka akan bekerja sama lebih tinggi.
Di antaranya adalah setting nama tampilan kamu, foto kamu, profil social media seperti Facebook, twitter, Google Plus dan juga bio kamu.

Pengaturan Profil WordPress

Langsung saja kita mulai ya, untuk mengakses halaman pengaturan profil WordPress bisa dengan mengunjungi halaman edit my profile, dari nav bar WordPress yang ada diatas halaman dashboard bagian ujung kanan atas seperti gambar di samping.
Alamatnya adalah blogkamu.com/wp-admin/profile.php.
1. Pengaturan Nama di Blog WordPress
Untuk pengaturan nama bisa diakses pada bagian nama seperti gambar berikut;
Nama pengguna adalah username yang kamu pakai saat login di blog, nama depan dan belakang bisa kamu isi menurut kesukaan kamu, lalu pada kolom tampilkan nama secara publik adalah setting nama yang kamu inginkan untuk dilihat pembaca blog. Biasanya ini merupakan kombinasi atau bagian dari nama depan dan belakang.  Daripada menampilkanpemilikblog sebagai penulis pastinya akan lebih keren jika muncul sebagai Penulis Tangguh :)

2. Pengaturan Kontak dan Biodata profil WordPress

Setelah mengatur nama kamu saatnya mengatur profil WordPress kamu dengan menambahkan URL/link agar saat kamu memasukkan komentar, nama kamu merujuk pada alamat blog kamu.
Untuk alamat email sudah langsung ada sebelumnya saat install WordPress, tapi untuk alamat website tidak langsung ada. Tampilan bio ini akan muncul manakala themes yang kamu pakai didesign untuk menampilkannya menggunakan fungsi <?php get_the_author_meta( ‘description’ ); ?>. Tampilan di atas adalah default WordPress, kalau anda menginstall Yoas SEO akan ada beberapa kolom untuk profil Social Media juga.

3. Pengaturan Profil WordPress – Gravatar

Gravatar berguna untuk menampilkan foto profil kamu saat kamu berkomentar di blog/website yang menggunakan engine WordPress. Saat kamu berkomentar dan memasukkan alamat email, gravatar akan meng-ekstrak alamat email itu lalu menampilkan foto kamu saat kamu sudah mendaftar dan mengupload sebuah gambar profil. Jika belum kamu harus mendaftar di sana dengan mengunjungi situs Gravatar;

Jika kamu sudah memiliki akun WordPress.com, bisa langsung login dengannya dan menambahkan foto profil, kalau belum daftar dengan tombol ‘create your own gravatar’ itu.
Saya tidak akan menjelaskan lebih perinci, tapi setelah masuk kamu bisa juga menambahkan alamat email lainnya selain yang kamu daftarkan, agar saat berkomentar juga bisa muncul gambarnya. Juga ada data bio yang bisa kamu tulis di sana, link ke koleksi website dan social media kamu juga. Seperti profil saya ini misalnya :)

Pengaturan Profil WordPress – Penutup

Bagi yang sudah lama menggunakan WordPress dan ngeblog, hal ini mungkin sangat sepele, tapi saya membuat blog ini dari awalnya memang untuk menjadikannya panduan dalam menggunakan WordPress, jadinya ya artikel sederhana seperti ini harus muncul juga, hehehe…
Semoga bermanfaat, dan silahkan bertanya lewat komentar jika kurang jelas.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com